Bappenas Ungkap Progres Pembangunan IKN Tahap Pertama Capai 80 Persen

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 06 Mei 2024 | 18:14 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Nusantara di Kaliantan (SinPo.id/Setkab)
Ilustrasi Ibu Kota Nusantara di Kaliantan (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama sudah mencapai 80,82 persen. 

Hal itu dipaparkan Suharso dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), pada Senin, 6 Mei 2024.

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di tengah Indonesia, hingga saat ini telah mengalami kemajuan sebesar 80,82 persen," kata Suharso menjelaskan.

Suharso menerangkan, pembangunan tahap pertama ini difokuskan di kawasan inti atau pusat pemerintahan di IKN. Sperti pembangunan istana presiden, lapangan upacara, sumbu kebangsaan, gedung perkantoran kementerian/lembaga, hingga hunian aparatur sipil negara (ASN). Kemudian pembangunan infrastruktur sumber daya air, jaringan listrik dan telekomunikasi, rumah sakit, hingga jalan tol.

"Sedangkan fasilitas prasarana dan sarana dasar maupun penunjang seperti rumah sakit, dan sekolah bertaraf internasional, sarana olahraga, didukung oleh kontribusi dan peran aktif dari para pengusaha dan pihak swasta dari dalam negeri," tuturnya.

Menurut Suharso, pembangunan IKN juga didukung oleh masuknya investor lokal. Hal ini terlihat dari prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang telah dilaksanakan lima kali oleh presiden Jokowi dengan total komitmen investasi mencapai Rp49,6 triliun.

"IKN mencatat komitmen investasi yang terus meningkat. Hal ini diitunjukkan dengan telah diselenggarakannya 5 kali groundbreaking. Total investasi yang dikantongi telah lebih dari Rp 49,6 triliun," tandasnya.sinpo

Komentar: