Presiden China dan Prancis Diskusikan Ukraina

Oleh: VOA INDONESIA
Selasa, 07 Mei 2024 | 00:04 WIB
Presiden China Xi Jin Ping
Presiden China Xi Jin Ping

SinPo.id -  Presiden China Xi Jinping tiba di Prancis, Minggu 5 Mei 2024, dalam kunjungan kenegaraan dengan tuan rumah Presiden Emmanuel Macron. Dalam pertemuan ini, pemimpin Prancis itu akan mencoba mendorong mitranya dalam berbagai isu-isu mulai Ukraina hingga perdagangan.

Kedatangan Xi kali ini menandai 60 tahun hubungan diplomatik antara Prancis dan China, dan menandai kunjungan pertamanya ke Eropa sejak 2019. Xi juga akan mengunjungi Serbia dan Hungaria.

Namun, pilihan Xi atas Prancis sebagai satu-satunya kekuatan besar di Eropa yang dikunjungi, menandai hubungan China-Prancis yang relatif hangat sejak Macron melakukan kunjungan kenegaraannya ke China pada April 2023, dan menetapkan status pemimpin Prancis itu sebagai pialang kekuasaan Uni Eropa.

Pemimpin dari negara dengan satu partai, yaitu Partai Komunis dengan lebih dari 1,4 miliar penduduk itu, ditemani oleh istrinya Peng Liyuan, disambut oleh Perdana Menteri Gabriel Attal dan sejumlah anggota staf yang membawa payung-payung di bawah gerimis yang turun di bandara Orly, Paris.

Xi akan menggelar pembicaraan satu hari di Paris pada Senin (6/5), termasuk bersama Kepala Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen, yang diikuti oleh jamuan kenegaraan yang diselenggarakan Macron di istana Elysee.

Pada Selasa 7 Mei, Macron akan membawa Xi ke pegunungan Pyrenees, sebuah kawasan yang sering dia datangi sewaktu remaja, untuk pembicaraan yang lebih pribadi.

Agensi berita resmi China, Xinhua, mengutip pernyataan Xi ketika tiba di Paris, bahwa perkembangan hubungan China-Paris “ telah menyuntikkan stabilitas dan energi positif di tengah dunia yang bergejolak” dan China siap untuk “meningkatkan rasa saling percaya dalam politik, membangun konsensus strategis dan memperdalam pertukaran “ selama kunjungan itu. [ns/jm]sinpo

Komentar: