Indonesia Akan Dapat Vaksin Covid-19 Gratis dari Covax

Laporan: Lilis
Selasa, 26 Januari 2021 | 17:52 WIB
Retno Marsudi (Dok. Instagram retno_marsudi)
Retno Marsudi (Dok. Instagram retno_marsudi)

sinpo - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut Indonesia akan mendapatkan vaksin gratis sekitar 3 hingga 20 persen penduduk. Vaksin gratis ini didapatkan lewat kerjasama multilateral organisasi internasional Covax yang dikelola WHO, Gavi, dan Cepi. 

"Indonesia diperkirakan memperoleh vaksin gratis sebesar 3 sampai 20 persen penduduk," katanya dalam rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Ia menjelaskan jatah vaksin gratis didapatkan Indonesia karena tergolong dalam 92 negara berpennghasilan menengah dan rendah.

"Jenis vaksin, besaran vaksin, dan waktu delivery saat ini masih akan terus dibahas di Jenewa melalui join alocation task force yang akan melakukan pertemuan jelang akhir Januari ini," katanya.

Selain mendapatkan vaksin gratis, ia menjelaskan Indonesia ternyata baru saja terpilih sebagai salah satu co chair Covax AMC Engagement. Forum tersebut merupakan forum konsultasi antara negara donor dengan 92 negara penerima vaksin.

"Terdapat 3 co-chairs, yaitu Kanada mewakili negara donor, kemudian mewakili negara AMC-92 adalah Indonesia dan Ethiopia. Yang menarik, kami bertiga semuanya adalah perempuan sebagai co-chairs," katanya.sinpo

Komentar: