Komisi V Dorong Pelibatan Masyarakat Bantu Basarnas Tangani Bencana

Laporan: Rahmat
Minggu, 03 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi Basarnas/Net
Ilustrasi Basarnas/Net

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Boyman Harun mendukung adanya pelibatan masyarakat untuk membantu Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam menangani bencana alam.

Hal itu ia nyatakan karena melihat jumlah personil Basarnas yang masih belum dapat dikatakan ideal, sedangkan Indonesia adalah negara kepulauan yang berada dalam cincin api (rawan bencana).

“Saya kira dimungkinkan untuk menambah personil dari unsur masyarakat, seperti Resimen Mahasiswa (Menwa), Pramuka, Karang Taruna, dan sebagainya. Karena menyangkut wilayah kita yang begitu luas, sehingga menuntut ada kesadaran dari masyarakat untuk secara serentak terlibat. Tidak cukup hanya dengan tenaga Basarnas yang ada di sini,” kata Boyman yang dikutip SinPo.id dalam laman resmi DPR, Minggu (3/10).

Senada, Anggota Komisi V DPR RI Sumail Abdullah menilai perbantuan pelibatan personel Basarnas dari unsur masyarakat ini akan mendukung prioritas penyelamatan korban saat terjadi bencana. Sehingga, tenaga-tenaga tambahan tersebut harus dilatih sebaik mungkin agar siap saat terjadi bencana.

“Tentu Komisi V sangat concern berkaitan dengan masalah ini. Karena negara kita sering terjadi bencana, baik di darat, laut, dan udara. Tentu perbantuan jumlah personil ini menjadi prioritas kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya ke depan,” tutur Sumail.sinpo

Komentar: