KM Parikudus Terbaik

Delapan Kapal Dikerahkan Cari WNA Taiwan di Kepulauan Seribu

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 13 Maret 2024 | 11:19 WIB
Pencarian warga Taiwan di perairan kepulauan seribu (SinPo.id/Beritajakarta)
Pencarian warga Taiwan di perairan kepulauan seribu (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id - Tim gabungan yang terdiri dari, Basarnas, TNI AL, Polairud, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengerahkan delapan kapal untuk mencari warga negara asing (WNA) asal Taiwan yang hilang akibat kapal KM Pari Kudus terbalik di perairan Pulau Rambut, Kepulauan Seribu pada Rabu, 13 Maret 2024.

"Pencarian pagi ini sudah kami mulai pukul 06.45 WIB dan tim bergerak mencari keberadaan korban ini," kata Kepala Seksi Operasi (Kasiop) Basarnas DKI Jakarta Agung Priambodo di Jakarta pada Rabu, 13 Maret 2024.

Diketahui, seorang warga Taiwan bernama Shi Yi dinyatakan hilang saat kapal KM Pari Kudus terbalik. Korban yang hilang ini menggunakan kaos abu-abu, celana hitam dan topi hitam.

Agung menjelaskan, pencarian ini melibatkan 58 personel yang terdiri dari regu pencari dan tim penyelam. Pencarian kali ini merupakan hari ketiga.

"Kami akan perluas area penyelaman dan juga penyisiran di perairan tersebut serta melakukan penyisiran di darat untuk pencarian korban," kata dia.

Agung menyampaikan bahwa saat ini ombak cukup besar sehingga menjadi kendala saat melakukan penyisiran dan penyelaman. "Semoga bisa ketemu hari ini korban tersebut," kata dia.

Adapun total penumpang kapal KM Pari Kudus yang terbalik di Pulau Rambut Kepulauan Seribu sebanyak 35 orang. "Ada satu orang yang tidak masuk manifest penumpang dari data awal dan dia selamat," kata dia.

Ia menjelaskan, 35 orang tersebut terdiri dari 32 penumpang ditambah tiga anak buah kapal yang menyeberang dari Asha Resort di Pulau Payung, Kepulauan Seribu Selatan, menuju Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

"Satu korban masih hilang dan 31 penumpang dan tiga anak buah kapal sudah dievakuasi," kata dia.sinpo

Komentar: