Sandiaga Uno Apresiasi Gelaran Wayang Jogja Night Carnival

Oleh: Pandu Satya
Jumat, 08 Oktober 2021 | 18:17 WIB
Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC)/Ist
Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC)/Ist

SinPo.id - Pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandi berharap ajang tersebut menjadi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Jogjakarta. 

Sandi saat membuka gelaran WJNCmenjelaskan, jika gelaran yang sudah dilaksanakan enam kali tersebut bisa dijalankan dengan baik oleh pelaku seni dari 14 kemantrean (kecamatan) di kota Yogyakarta. Gelaran tidak kalah dengan karnaval kelas dunia.

"Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ini kita apresiasi lantaran diikuti beberapa pelaku seni dari 14 Kecamatan atau Kemantren di Kota Yogyakarta yang berhasil mengorkestrasi penampilan sekelas parade karnaval di New Orleans, Amerika Serikat," sebut Menparekraf Sandiaga Uno, Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (7/10).

Selain didatangi Sandiaga Uno, acara WJNC juga didatangkan oleh Nur Asia Uno, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani.

Sandiaga Uno juga menyebut, bahwa event tersebut menjadi event  yang terbaik dari kegiatan-kegiatan yang dimiliki oleh pariwisata Indonesia yaitu Kharisma Event Nusantara (KEN).

"Harus diapresiasi, apalagi Kota Yogyakarta sangat serius dalam upaya recovery, dengan menuntaskan vaksinasi, itu menjadi momentum kebangkitan dan pengembangan pariwisata," lanjut Sandiaga Uno.

Gelaran WJNC  yang ke-6  dibagi menjadi 4 area:  Pancawati (Kerajaan Kera-Tragedi); area Indraprasta (bercerita tentang para Kesatria-Romance); Astina (Kerajaan Jin-Komedi), hingga Khayangan (Dewa-Romance) yang tampil secara berurutan.

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC), merupakan event tahunan terbesar yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta, yang diselenggarakan setiap tanggal 7 Oktober  untuk memperingati Hari jadi Kota Yogyakarta.
 sinpo

Komentar: