Gibran dan Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 28 April 2024 | 12:33 WIB
Gibran dan Yusril hadiri pagelaran Wayang. (SinPo.id/dok. tim Yusril)
Gibran dan Yusril hadiri pagelaran Wayang. (SinPo.id/dok. tim Yusril)

SinPo.id - Wali Kota Solo dan sekaligus Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, hadir dalam acara budaya Pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon Semar Kembar Sembrodo Larung di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Sabtu malam, 27 April 2024.

Pagelaran wayang ini menghadirkan Ki Dalang Dr. Ir. H. Warseno Slenk, dalang terkenal dan adik dalang senior Ki Anom Suroto.

Yusril Ihza Mahendra yang diminta memberikan kata pengantar dalam acara wayangan tersebut mengatakan, pewayangan dengan Lakon Semar Kembar Sembodro Larung itu bukan pertunjukan biasa.

"Pagelaran ini penuh makna spiritual dan simbolis sebagai 'ruwatan' atau 'tolak bala' dalam tradisi spiritual Jawa-Islam," kata Yusril.

Menurut Yusril, yang diruwat adalah negara. Hal ini mengandung makna sejak merdeka tahun 1945, yang mengalami berbagai peristiwa baik menyenangkan maupun tidak, telah silih berganti terjadi dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

"Dengan ruwatan ini, lebih-lebih usai pemilu 2024, kita mendoakan agar tidak terjadi hal-hal buruk pada bangsa kita. Segala bala dan bencana yang akan terjadi kita tolak dengan ritual budaya ini. Semoga diperkenankan Tuhan YME," kata Yusril.

Yusril menambahkan, masyarakat saat ini merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa yang majemuk, bekerja sama sebagai saudara sebangsa untuk menciptakan perdamaian dan membangun ekonomi menuju Indonesia Emas pada 2045 mendatang. Budaya akan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara kita.

Yusril dan Gibran meninggalkan pagelaran tepat jam 22.00, sementara wayangan akan berlangsung sampai menjelang subuh. Semakin larut, semakin banyak warga Solo dan sekitarnya datang menyaksikan pagelaran ini.

Gibran mengatakan pertemuannya dengan Yusril di Loji Gandrung semata-mata menghadiri acara budaya. Tak ada pembicaraan politik antara keduanya. Yusril juga mengatakan hal yang sama.sinpo

Komentar: