4 Juni 2022, Jutaan Pasang Mata Dunia Bakal Tertuju ke DKI Jakarta, Ada Apa?

Laporan: Samsudin
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 17:36 WIB
Ilustrasi balapan mobil formula/Net
Ilustrasi balapan mobil formula/Net

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Ibu Kota bakal jadi tuan rumah Formula E tahun depan. Dia menyebut, Jakarta menyambut baik balap mobil listrik internasional itu di Jakarta.

Dengan gelaran formula berkelas internasional ini, tentunya jutaan pasang mata masyarakat di dunia akan tertuju ke DKI Jakarta selaku tuan rumah. Anies sendiri berterimakah DKI sudah diumumkan sebagai tuan rumah.

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni tanggal 4 tahun 2022," kata dia di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Anies Baswedan tak banyak mengomentari rencana perhelatan Formula E. Menurut dia, FEO Limited selaku penyelenggara Formula E bakal mengumumkan lokasi balap.

FEO, lanjut dia, juga sudah mengecek lima alternatif lokasi. "Sudah semuanya, sudah dikerjakan," ujar dia.

Seperti diketahui, Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Berita gembira ini diumumkan oleh Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan.

Peralihan dari kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh. Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial.sinpo

Komentar: