Polisi: Pelaku Pemerasan TKW Yang Akan Karantina Di Pademangan Sudah Ditahan

Laporan: Samsudin
Jumat, 12 November 2021 | 13:10 WIB
Polisi menahan pelaku pemalakan TKW seperti di video viral/ig@polres_metro_jakarta_utara
Polisi menahan pelaku pemalakan TKW seperti di video viral/ig@polres_metro_jakarta_utara

SinPo.id - Polres Metro Jakarta Utara berhasil menangkap oknum pemalak terhadap mobil tenaga kerja wanita (TKW) yang baru pulang dari luar negeri dan hendak jalani karantina di Wisma Atlet Pademangan seperti video viral belum lama ini.

Dari keterangan polisi, insiden pemerasan itu sendiri ternyata terjadi pada 25 Oktober lalu. Pelaku diketahui berinisial MS alias L (39), tukang parkir.

“Pelaku pemerasan terhadap Tenaga Kerja Wanita yang viral di Wisma Atlet Pademangan Jakarta Utara pada Senin 25 Oktober 2021 telah diamankan di Polsek Pademangan Jakarta Utara,” tulis instagram @polres_metro_jakarta_utara, dikutip Jumat, (12/11).

Masih dari informasi polres_metro_jakarta_utar, pelaku yang beralamat di  Pademangan Timur, Jakut ditangkap dengan barang bukti uang Rp 2.264.000,00.

“Pasal yang dilanggar pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun,” tegasnya.

Seperti diketahui, aksi pungutan liar seorang oknum terhadap mobil rombongan TKW yang akan melaksanakan karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, bikin heboh.

Ulah si pemalak dikecam luas netizen. Dalam video berdurasi 40 detik seperti diunggah akun Twitter @tukangrosok___ itu memperlihatkan oknum memintai uang. Meski tidak diketahui jelas awal mulanya, namun suara perekam dalam video itu sempat menyebutkan nilai uang.  

"Viralkan! TKW yg akan menjalani karantina di Wisma Atlit Kemayoran (belakangan diketahui Pademangan) dimintain uang, dikasih 50 ribu masih kurang," cuit akun itu dikutip, Jumat (12/11).

Si oknum pemalak dalam video itu nampak mengenakan baju hitam dan rompi krem, serta kacamata hitam. Dia terlihat berbincang dengan sopir, yang terdengar keberatan dengan jumlah uang yang diminta pelaku.

"Abang maunya berapa? Jangan dibikin ribet," kata sopir.

Di dalam mobil, para TKW keberatan.

"Kasih 50 ribu aja udah. Ya uang parkir aja, udah sih. Gimana ceritanya," teriak wanita yang merekam video.

Sambil celingak-celinguk, lelaki itu mengambil uang. Ada dua orang lain yang terekam dalam video. Keduanya disinyalir bekerja sama dengan pria berkacamata hitam.sinpo

Komentar: