Keren! Ngantor Di Luar Angkasa, Kantor Berita TASS Rusia Teken MoU Dengan ISS

Laporan: Samsudin
Jumat, 19 November 2021 | 10:20 WIB
Kantor berita terkemuka Rusia, TASS bakal buka kantor permanen di luar angkasa/net
Kantor berita terkemuka Rusia, TASS bakal buka kantor permanen di luar angkasa/net

SinPo.id - Kantor berita terkemuka Rusia TASS, bakal membuka kantor permanen di luar angkasa. Hal itu menyusul ditandatanganinya nota kerja sama atau MoU dengan badan antariksa milik pemerintah Rusia Roscosmos International Space Station (ISS), Rabu (17/11).

Untuk koresponden pertama yang bertugas di luar angkasa tersebut, TASS mempercayakannya kepada Kosmonot, pahlawan Rusia.

"Koresponden pertama di luar angkasa adalah Pahlawan Rusia, kosmonot Roscosmos Alexander Misurkin," kata kepala TASS Sergei Mikhailov setelah menandatangani dokumen perjanjian dengan kepala Roscosmos Dmitry Rogozin.

Misurkin dijadwalkan meninggalkan Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan menuju ISS pada 8 Desember mendatang bersama miliarder asal Jepang dan asisten bisnisnya di wahana antariksa Soyuz MS-20 untuk misi komersial.

"Merupakan kehormatan luar biasa bagi kami untuk memanggil para kosmonot Rusia dengan sebutan rekan. Kami menantikan berita dan rekaman luar biasa dari luar angkasa," kata Mikhailov.

Rogozin mengatakan pada seremoni itu bahwa gagasannya tidak "berlebihan" karena banyak kosmonaut Roscosmos telah secara aktif mendokumentasikan aktivitas mereka di orbit.

Setelah diskusi menyeluruh, badan antariksa milik Rusia tersebut memutuskan untuk menerima proposal menarik dan penting dari Mikhailov, katanya.

"Kami benar-benar ingin semua orang di negara kami dan di luar negeri untuk memahami bahwa eksplorasi luar angkasa adalah tentang mengatasi ketakutan, ketidakpercayaan, dan ketidaktahuan. Ketika beberapa orang yang sangat berani terlibat di dalamnya, saya ingin, demi semua umat manusia dan seluruh masyarakat kita, menunjukkan antariksa apa adanya," kata Rogozin dikutip dari Xinhua News, Jumat (19/11).sinpo

Komentar: