17 Penumpang Kapal Pesiar Terinfeksi Covid-19, Salah Satunya Varian Omicron

Laporan: Samsudin
Kamis, 09 Desember 2021 | 08:00 WIB
Sejumlah penumpang kapal pesier Norwegia terinfeksi Covid-19/net
Sejumlah penumpang kapal pesier Norwegia terinfeksi Covid-19/net

SinPo.id - Sedikitnya 17 kasus COVID-19 terdeteksi di atas sebuah kapal pesiar Norwegia yang berangkat dari New Orleans, Negara Bagian Louisiana, Amerika Serikat (AS) wilayah selatan, termasuk satu kasus yang diduga terjangkit varian Omicron yang cepat menular, papar sejumlah outlet media setempat pada Senin (6/12).

Norwegian Cruise Line pada Senin mengungkapkan bahwa semua kasus COVID-19 di atas kapal Norwegian Breakaway merupakan kasus tidak bergejala, dan satu awak yang berasal dari Afrika Selatan, yang diduga terjangkit varian Omicron, telah diisolasi sepanjang pelayaran pulang pergi tersebut.

Kapal Norwegian Breakaway yang meninggalkan New Orleans pada 28 November dan berlayar ke Belize, Honduras, serta Meksiko dengan membawa lebih dari 3.200 orang tersebut telah kembali ke Pelabuhan New Orleans pada Minggu (5/12), menurut laporan media setempat.

"Selain mewajibkan 100 persen tamu dan awak telah divaksinasi lengkap, sesuai protokol kesehatan dan keselamatan komprehensif perusahaan, kami telah menerapkan prosedur karantina, isolasi, dan penelusuran kontak untuk kasus-kasus yang teridentifikasi," kata juru bicara perusahaan pelayaran tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Kami melakukan tes terhadap semua individu di Norwegian Breakaway sebelum mereka meninggalkan kapal, dan memberikan panduan kesehatan masyarakat pascapaparan dan karantina sesuai yang dikeluarkan CDC," bunyi pernyataan itu.

Kapal Norwegian Breakaway meninggalkan New Orleans pada Minggu malam waktu setempat untuk memulai pelayaran baru. Semua tamu yang mengikuti pelayaran baru itu dapat membatalkan perjalanan mereka tanpa dikenai penalti, menurut beberapa outlet media setempat.sinpo

Komentar: