Vietnam Bekuk Malaysia 3-0, Persaingan Grup B Piala AFF 2020 Kian Panas

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 12 Desember 2021 | 22:14 WIB
Vietnam bekuk Malaysia 3-0/Net
Vietnam bekuk Malaysia 3-0/Net

SinPo.id - Timnas Vietnam membekuk Malaysia 3-0 dala lanjutan penysihan Grup B Piala AFF 2020, Minggu (12/12) malam WIB. Vietnam membayangi Indonesia di puncak klasemen sementara.

Vietnam, Indonesia, dan Malaysia, masing-masing meraup poin enam. Malaysia sudah melakoni tiga laga sedangkan Vietnam dan Indonesia baru dua pertandingan. Indonesia unggul produktivitas gol memasukkan-kemasukan (9-3), dibandingkan Vietnam (5-0).

Jalannya pertandingan babak pertama, Tim Prajurit Bintang Emas tampil mendominasi pada babak pertama. Mereka dengan nyaman menguasai bola serta membangun serangan yang cepat dari lini belakang dan memberi tekanan di depan.

Skema tersebut berjalan hingga menit 20'. Harimau Malaya dipaksa lebih bertahan dalam dan hanya berharap lewat serangan balik. Bahkan, mereka sampai di kurung setengah lapangan.

Menariknya, pertahanan tim asuhan Tan Cheng Hoe berhasil tampil solid. Mereka berhasil bertahan dengan baik dan menahan segala gempuran sang lawan hingga menit 30'.

Sayangnya, mereka harus kecolongan dua menit berselang. Vietnam terus mengincar sisi kiri pertahanan Malaysia dan akhirnya membuahkan hasil lewat tendangan keras Nguyen Quang Hai menit 32' usai memanfaatkan umpan tarik Nguyen Tuan Anh.

Usai unggul, permainan Prajurit Bintang Emas semakin menggila. Umpan pendek dari kaki ke kaki yang jarang terlihat salah menjadi ancaman besar.

Alhasil gol kedua pun tercipta tak lama dari itu. Nguyen Cong Phuong berhasil menggandakan keunggulan pada menit 36' usai memanfaatkan umpan terobosan Quang Hai. Gol tersebut sekaligus menutup jeda turun minum dengan skor 2-0.

Pada babak kedua, bisa dibilang, duel di babak kedua sepanjang 45 menit ini kurang berjalan seru. Kedua tim bermain dengan tempo yang rendah, tak seperti di babak pertama.

Dominasi kembali ditunjukkan oleh Vietnam. Namun, tekanan yang diberikan tak sebesar seperti pada babak pertama. High pressing dan pergerakan tanpa bola yang cepat juga jarang terlihat.

Malaysia akhirnya mampu keluar menyerang tak seperti sebelumnya. Dan lagi, upaya itu sulit karena high pressing dan kerapatan pertahanan lawan membuat upaya mereka termentahkan di sepertiga lapangan.

Di sisi lain, kini Vietnam yang sering melancarkan serangan balik. Namun sekalinya mendapat peluang mereka tampak berbahaya karena kecepatan mereka yang sulit dihentikan.

Harapan mereka untuk mengejar ketertinggalan pun pupus. Vietnam kembali mencetak gol ketiga sekaligus memastikan kemenangan 3-0 pada menit 90' lewat kaki Nguyen Hoang Duc.sinpo

Komentar: