KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026

Erick Thohir: Alhamdulillah, Indonesia Menang Lawan Vietnam

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 22 Maret 2024 | 02:36 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (PSSI)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (PSSI)

SinPo.id -  Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi penampilan para pemain Timnas Indonesia saat menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis 21 Maret 2024.
Egy Maulana Vikri mencetak gol pada menit ke-52. 

"Alhamdulillah akhirnya kita memenangkan laga melawan Vietnam. Apresiasi kepada penampilan pemain yang tampil disiplin dalam pertandingan ini. Terima kasih juga penonton yang sudah datang langsung, maupun yang menyaksikan dari layar kaca serta doanya untuk kemenangan Timnas," ujar Erick Thohir.

Kemenangan ini yang pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026, lanjut Erick. "Semoga pemain tetap konsisten, tidak lengah saat nanti bertanding ke Vietnam. Tetap rendah hati, dan selalu fokus. Perjuangan masih panjang. Tak banyak waktu karena 26 Maret giliran kita yang akan tandang ke Vietnam."

"Jaga kondisi, disiplin, latihan yang keras. Ikuti semua instruksi dari pelatih. Buktikan kita bisa tampil baik juga di Vietnam nanti. Tentu kita ingin terus menjaga peluang bisa lolos ke fase berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2026," ungkap Erick.

Jalannya Pertandingan

Indonesia menang 1-0 atas Vietnam dalam laga fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis 21 Maret 2024.

Egy Maulana Vikri mencetak gol semata wayang di laga itu. Egy menceploskan bola ke gawang Vietnam pada menit ke-52. 

Dua pemain naturalisasi, Jay Idzes dan Nathan Joe-A-On menjalani debut di laga ini. Jay Idzes tampil gemilang sehingga membuat Vietnam tak menendang bola ke arah gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Adi Satryo

Tambahan tiga poin membawa Merah Putih naik ke urutan kedua Grup F dengan empat poin dari tiga laga.
Sedangkan Vietnam turun ke posisi tiga dengan tiga poin. Kedua tim akan kembali bertemu di Hanoi pada 26 Maret pukul 19.00 WIB.

Di menit awal babak pertama, kedua tim masih meraba-raba kekuatan lawan. Vietnam mengambil inisiatif penguasaan bola. Indonesia sesekali coba melancarkan serangan untuk keluar dari tekanan.

Skuat Garuda mendapat kesempatan pertama dari Rafael Struick di menit ke-32. Menerobos dari sisi kanan pertahanan lawan, dia melepas tembakan yang masih tepat ke arah kiper.

Giliran Sayuri yang mengancam di sisi kiri pertahanan Vientam. Dia coba melepas umpan ke Hokky Caraka, namun umpan silangnya masih bisa dipotong bek Vietnam. 

Di sisa babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong membuat tiga pergantian pemain. Nathan Tjoe-A-On, Yakob Sayuri dan Hokky Caraka ditarik dan digantikan Sandy Walsh, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri.

Masuknya tiga pemain ini mengubah dinamika permainan Timnas Indonesia. Skuat Garuda jadi lebih aktif dalam menyerang. Di menit ke-52 Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui gol yang di cetak Egi Maulana.

Berawalan dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola yang masuk ke kotak penalti berhasil dihalau bek Vietnam. Namun, bola sapuan malah jatuh ke kaki Egy. Tanpa kesulitan Egy menyambar bola menjadi gol. Indonesia unggul 1-0 dari Vietnam.

Sementara itu, upaya tim tamu untuk membongkar lini belakang Indonesia tidak membuahkan hasil. Indonesia mampu menjaga skor 1-0 hingga usai

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adisatryo; Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikri 46'), Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 80'), Justin Hubner; Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46'), Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick (Ramadhan Sananta 87'), Hokky Caraka (Pratama Arhan 46').

Vietnam: Nguyen Filip; Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73'), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82'), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Pham Thanh Long 73'), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61'), Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61'), Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Ang.sinpo

Komentar: