GEISHA

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 12 Januari 1924 | 12:51 WIB
GEISHA
GEISHA

SinPo.id - Ketarik dengen kebagoesannja alam, pada satoe sore saja telah kaloewar pintoe boewat djalan-djalan di loewar. Sakoenjoeng-koenjoeng saja telah timhoel ingetan boewat mengoendjoengin geisha atawa tandak Japan. Saja panggil Nao-San, pcngoeroesnja saja poenja hotel dan ia poenja papatjang boewat anterin saja ka salah satoe roemah thee. Satoe baboe jang molek sediaken kita satoe praoe ketjil jang diprabotin tiker, thee servies, bantal jang empoek dan satoe pendoepaan ketjil dan kita bertiga lantas tinggalken itoe hotel menoedjoe ka djoeroesan kota di mana ada berkoempoel roemah roemah thee.

 

Sepandjang kali kita meliwatken bagian- bagian kota jang sekarang soeda djadi amat sepi. Sabentar-bentar djika boelan jang terang tida tertoetoep oleh mega, dengen perantaraan sinarnja kita bisa dapet pemandangan jang indah dari itoe bagian-bagian kota jang sedeng tidoer. Dengen amat pelahan kita mendajoeng, dan kadang-kadang kasoenjiannja sang malem diganggoe dengen swara beradoenja dajoeng dan aer kali jang amat bening. Sabentar lagi kita sampe di tempat jang kita toedjoe. Kita iket kita poenja sampan pada satoe patoeng dan lantas djalan cli satoe straat jang soeda djadi sepi. Sakoenjoeng-koenjoeng kita poenja mata dibikin silo dengen panerangan lampoe. Swara orang menjanji, swara orang ke tawa, jang bagitoe rioe menandaken jang kita soeda sampe di kita poenja tempat toedjoean Tea-House Street! Beratoes teng kertas dengen ditoelisin hoeroef-hocroef Japan mengkredep di roemah-roemah ketjil jang sanget moengil. Sepandjang itoe straat dari satoe oedjoeng ka laen oedjoeng ada sanget rioe dengen swaranja orang jang sedeng senangken diri. Swaranja sepatoe-sepatoe kajoe jang berkletekan seperti bakaran djagoeng dibikin lebih rioe lagi dengen swaranja samisen (sematjem muziek instrument) Jan njanjian orang jang merdoe. Dari roemah-roemah komedie dateng swaranja orang bertampik soerak dan dari roemah roemah pemandian swara ketawa dari orang-orang lelaki dan prampoewan. Pamoeda-pamoeda Japan bergroemoetan di pagernja itoe roemahroemah boewat poewasken marika poenja mata meliat gadis-gadis jang montok, dengen ramboetnja jang item koelit moeka jang poctih bersi dan gigi jang rata dan poetih.

 

kaliatan amat menarik Gaikaro (mempoenjain banjak bocngab), Nichei-ro (Saben hari bcrboengali), Asahiro (Matahari terbit) dan banjak lagi laen-laen nona dengen laen-lacn nama.Aitokaro, ada namanja satoe tea-house di Maizuru satoe nama jang diberi oleh Generaal (to. Pembatja moesti taoe bahoewa di Japan orang biasanja goenaken namanama jang divoorstel oleh orang orang berpangkat. Di dalem satoe tea house atawa chaya, orang bisa dapetken segala kaplesiran. Saban sore orang njalahken beratoes-ratees teng jang berwarna dan saban malem di antero Teahouses Street di antero kota di Japan tentoe ram c seperti adanja ini malem; oleh kerna kasenangan di roemah thee ada impiannja sasoeatoe orang Japan di waktoe malem. Tea-house jang kitakoendjoengin terletak di oedjoengnja straat dan pake merk Yamanaka (dalem goenoeng). Yamanaka ada diriasin dengen tengteng seperti laen-ia e n roemah thee. Tetapi bagimana djoega, koetika kita masoek, di dalemnja ada sedikit gelap dan sepi. Satoe baboe ketjil samboetkita poenja kedatengan. - Kita liwatken satoe kebon jang indah di mana kita boeka kita poenja sepatoe dan naek satoe tangga jang litjin ka loteng pertama dari itoe roemah. Kita di bawa ka satoe kamar ketjil. Itoe baboe ketjil singkirken ka samping satoe s h o j i dengen perbocwatan mana kita poenja kamar lantas djadi lebih lega. Ia boeka satoe lemari dan ambil dari dalem itoe satoe bantal jang empoek dan lantas taro di atas tiker. Boewat saja sendiri ia ambil satoe bangkoe ketjil jang biasanja digoenaken boewat sasoea toe tetamoe senderken tangannja.

 

Yamanaka jang sepi moelai djadi rame sasoedanja kica doedoek.Nona-nona jang boto berdjalan kloewar dan masoek, menenteng teng kertas dan pendoepaan, dari mana kita soeloetkita poenja roko, satoe medja ketjil jang bagoes, bebrapa vas ketjil terisi „sake” ? mangkok-mangkok dan piringpiring, boewah-boewahan jang soeda clibresiken dan dipotong, telor?koewekoewedan laen-laen la ji barang santapan jang lezad. Kamoedian sasoedanja seleseh kita ditinggalken sendirian. bitjara:„Kebanjakan di dalem tea-houses orang bisa dapetken satoe koctjingkoetjingan terbikin clari kajoe. Ini patoeng- patoeng koetjing ada penarik tetamoe.Dan bisa mengoendang orang dengen gerak-gerakin kaki nja. Ini patoeng ada dihargaken tinggi sekali oleh orang-orang Japan dan ampir boleh dibilang dipoedja sebagi satoe déwa."

Tjeritaken msatoe dongengan pendek boewat ilangken tempo menoenggoe datengnja itoe tandak tandak sampe marika habis berias. „Di dalem satoe kota ada berdiri doewa waroeng koewe” ia moelain. „Satoe di antara itoe doewa war oen g me make lima penggawe, tetapi janglaen tida mempoenjai satoe penggawe poen kerna dagangannja ada amat sepi dan djarang ada orang jang dating blandja. Pada soeatoe lwi itoe waroeng jang miskin dapet koendjoengansatoe achli pengoekir kajoeg amat termashoer, Hidari Jingoro. pesen satoe portie ”mochi” dan sasoedahnja dahar itoe koewe, ia berkata pada jang poenja itoe waroeng : „Njonja, kaoe poenja waroeng keliatan tida begitoe madjoe seperti itoe laen waroeng.”

 

Eigenaarnja itoe waroeng koewe,satoe prampoean satengah toewa dengen mengelah napas ia menjaoet: „Doeloe saja poenja perniagaan ada madjoe, tetapi satelah soeamikoe meninggal doenia, saja poenja langgananlangganan djadi semingkin koerang dan sampe ini waktoe ampir boleh dibilang saja tida mempoenjai langganan sama sekali. Memang dasar saja poenja nasib ada djelek.’’ ??Saja • nanti bikin lebih baek keadaanmoe’?? berkata poela Jingoro dan sabelonnja itoe njonja bisa berkata apaapa, ia soeda oekir satoe patoeng koetjing dari kajoe. Satelah selesih, ia kasiken itoe koetjing-koetjingan sambal berkata:

„Ambillah ini koetjing-koetjingan dan dan di dalem sedikit waktoe kaoe poenjadagangan nanti djadi seperti adanja doeloe.” Ia rogo ia poenja sakoe dan ambil oewang boeat bajar harganja koewe jang ia telah makan. Oewang mana ia taro di depan itoe koetjingkoetjingan jang lantas ambil dan taro ken dalem peti oewang. Dengen adanja ini koetjing adjaib, semoea orang djadi berkroemoetan dateng di itoe waroeng boeat liat itoe koetjing jang bisa berboewat satoe hal jang loewar biasa. Daimyo denger tentang ini hal dan ia lantas ambil itoe k^etjing-koetjingan dan boeat gantinja saban taon p kasi sadjoembla besar oewang pada itoe djanda. „Inilah ada sebabnja kenapa di dalem sesoeatoe roema thee orang dapetken kcetjing-koetjingan kajoe.’’

 

kcetjing-koetjingan kajoe.’’ Demikian papatjangnja Nao-San toetoep ia poenja dongengan. Di Japan orang namaken ini koetj ing-koetj ingan „Maneki Neko" atawa di dalem BahasaInggris „The beckoning cat.” Soeara kresekan dari badjoe kimono ada terdenger. Kita balikin kita poenja badan dan liat sarombongan geisha jang eilok berkoempoel di depan pintoe. Marika bongkokin badannja boeat membri hormat, dan sabentar lagi kita antas djadi kaliatan lebih bertjahaja dan rame. Geisha-geisha jang saja soekain — Kojako dan Icbiko doedoek di sebla saja, samentara Fukuko berkoewi di depan si papatjang. Fukuko djoega ada saja poenja kasoekaan, tetapi ia kaliatan tida mengatahoei itoe hal. Kadang-kadang ia doedoek di pangkoean saja — satoe hal jang di idjinken oleh wet kasopanan, kerna ia baroe beroemoer doewa belas taon.

 

eperti kita orang, hanja tekoek marika Poenja loetoet dan doedoekin bagian bawah dari kaki nja sendiri Kojako stem ia poenja samisen, Fukuko ia Poenja tamboer (lan Ichiko toewanginsake boeat kita. Marika boekannja geisha geisha jang kaja dengen memake badjoe dari soetra, tpesoek konde dari moetiara, atawa berkrodong dengen kaen jang tinggi harganja. Melainken Kojako jang berpakean soetra kleur aboe-aboe. Ia ada Jang paling toewa, oemoernja doewa Poeloeh lima taon. Boeat geisha-geisha ?g sakean oemoernja kleur-kleur jang terang tjahajanja ada dipandang tida pantes aken dipilih boeat pakeannja. Sabetoelnja ia ada satoe-satoenja geishadi antara marika jang kita oendang. Ichiko dan Fukuko melainken ada Maiko atawa candidaat geisha. Marika melainken bisa djadi geisha toelen djika soeda dioedji kepandeannja boeat itoe Pakerdjaan. Sebagi Maiko, marika^^lainken trima satoe per sapoeloeh dari kehargaannja geisha biasa. Kojako ada satoe dancer jang paling pande di kota Miyazu. Ia soeda oeloeng di dalem ia poenja pakerdjaan dan ada pande sekali menarik orang poenja hati.Ia poenja lirikan jang tadjem 'dengen ka doea matanja jang item dan djeli bisa bikin sasoeatoe djedjaka loepa daratan. Kaeilokannja ini geisha tentoe ada lebih lagi djika giginja Sebagian besar tida dislongsongin mas. Bibirnja ada dibikin mera dan moekanja jang boender serta lehemja jang memang poetih dibikin lebih poeti lagidengen poepoer. Ia soeka sekali sama ia poenja tj 11 tjin jang moerah dan mengisep ia poenja pipa dari tembaga dengen kabiasaiin seperti satoe lelakiaseli. Saban-saban ia ambil satoe doos ketjil dari angkinnja dan katjain ia poenja moeka, bedakin ka doea pipinja dengen powder paper dan merah in bibirnja dengen rouge paper.

 

Ichiko ada lebih langsing, la poenja moeka ada kliatan lebih aristocratic dari moekanja Kojako. Matanja jang bersorot terang ada amat item. Oemoernja baroe anem belas taon dan tingginja tida lebih dari saja poenja dada. Pertama saja ada soeka pada Kojako tetapi satelah saja liat Ichiko saja djadi berbalik soeka padanja, kerna di saja poenja pemandangan ia ada laksana satoe boengah jang baroe mekar. Dia ada pande sekali meniroe semoea sikep dari artja-artja Japan dengen senjoeman atawa gerak-gerakan badan. Dia ada seperti satoe anak jang belon kenn} dosa. Bila di dalem roemah komedie kabetoelan ada lelakon jang menjediken atawa pemboenoehan, ia melengos dan nangis sasenggoekan. Kojako sebaliknja ada soeka sekali dengen lelakon-lelakon demikian. Ichiko djoega ada amat sajang tjintjinnja dan koetika saja ambil kloear dari dj ari nja jang ketjil, saja liat aer mata djato di ka doea pipinja. Fukuko ada satoe anak dari oesian doea belas taon. Ia poenja pengawakan ada lebih ketjil dari Ichiko, tetapi lebih seger. Ia memperingetken saja dari satoe koetjing. Kapalanja ada amat boender dan toelang pipinja ada sedikit kloear. Sagompiokan dari ramboetnja jang item sering berklaweran di djidatnja sahingga sering menoetoepin matajang ketjil. Ka doea pipinja ada dipakein poepoer dan sedikit rouge. Kita semoeanja soeka pada ini candidaat geisha jang ada pande sekali mainken iapoenja tamboer, lapoenja soeara ada amat kasar dan tida merdoe didengernja sebagi biasanja soeara prampoean.

 

Kita poenja dancers bertiga-tiganja ada gadis jang manis, temaha dengen segala kaoentoengan, tida begitoe tjerdik tetapi tida begitoe bodo seperti laenlaen prampoean. Marika ada artist-artist jang terkenal dan lantaran ini, kita bargaken tinggi marika poenja kepandean. Biasanja satoe geisha tida dipandang tinggi oleh orang-orang kendati marika poenja deradjat ada lebih tinggi dari deradjatnja prampoean djalang. Orang biasa bahasaken satoe geisha dengen perkataan „She sticks her foot in the mud’’ (la — geisha — tantjep kakinja di petjomberan) bila satoe geisha moelaikerdj a di dalem tea-house. Dan djika ia brenti dari kerdjaiinnja orang namaken ia angkat kakinja dari petjomberan. Bila menika, sebagi djoega prampoewan-prampoewan djalang diJapan, satoe geisha bisa dapetken social position sebagi soeaminja. Orang Japan pandang kahormatannja tertjemar bila di antara familie prampoeannja ada jang bekerdja sebagi geisha. Biasanja geisha ada toeroenannja orang miskin jang. soeka kasi gadis-gadisnja djadi geisha, boewat ia poenja sasoewap nasi.sinpo

Komentar: