Di Sela Muktamar NU, Wapres Resmikan Program Bank Wakaf Mikro Di UMM Lampung

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 23 Desember 2021 | 17:54 WIB
Wakil Presiden KH Maruf Amin/ist
Wakil Presiden KH Maruf Amin/ist

SinPo.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan program Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqqien di Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Kamis (23/12).

Hal tersebut dilakukan Ma'ruf Amin di sela-sela agendanya menghadiri Muktamar ke-34 NU, dikutip oleh SinPo.id dari unggahan akun Twitter pribadi @Kiyai_MarufAmin yang telah terverified centang biru.

"Disela-sela agenda Muktamar NU ke-34 saya meresmikan Program Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilil Muttaqien sekaligus Penyaluran KUR Klaster di Universitas Muhammadiyah Metro," ujar Ma'ruf Amin.

Ma'ruf mengungkapkan pondok pesantren merupakan mesin yang strategis dalam mengoptimalkan fungsi Bank Wakaf Mikro.

"Kehadiran Bank Wakaf Mikro di pesantren dapat menjadi inkubator dalam menyiapkan, memajukan, serta memperluas usaha mikro syariah," ungkapnya.

Dalam peresmian tersebut, Ma'ruf tampak didampingi bersama Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan bahwa BWM merupakan salah satu program OJK yang disusun dengan visi untuk memberdayakan masyarakat di daerah-daerah yang tidak terjangkau dengan program komersil, baik program pembiayaan maupun program pendampingan.

“Program-program OJK selalu diciptakan untuk masuk ke ranah ini karena ini potensinya besar, jumlahnya banyak dan rata-rata hidupnya di daerah dan perlu kehadiran kita dalam segala hal. Kalau diberi donasi tidak cukup, tapi kita didik, kita bina agar nantinya mandiri dan berhasil menjadi pengusaha-pengusaha,” kata Wimboh.

Dalam peresmian ini, dilakukan juga penyerahan secara simbolis Pembiayaan Kelompok Usaha Nasabah BWM dan Penyaluran KUR Klaster beberapa perwakilan pelaku usaha kecil mikro. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman antara OJK dan Universitas Muhammadiyah Metro tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengembangan Sektor Jasa Keuangan, Peningkatan Edukasi Keuangan serta Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman, Rektor Universitas Muhammadiyah Metro Jazim Ahmad, dan Pimpinan Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilul Muttaqien Bambang Mugiono.sinpo

Komentar: