Terlibat Perdebatan, Bahar Smith Bikin Anggota TNI Tak Berkutik

Laporan: Azhar Ferdian
Jumat, 31 Desember 2021 | 20:40 WIB
Potongan video debat bahar Smith dengan anggota TNI/Net
Potongan video debat bahar Smith dengan anggota TNI/Net

SinPo.id - Video pria berseragam TNI mendatangi kediaman Bahar bin Smith viral di media sosial. Pria berbaju loreng tersebut terlibat perdebatan dengan Bahar Smith.

Anggota TNI ini memakai topi dan memegang tongkat komando. Bahar yang meladeni anggota TNI itu hanya mengenakan kaos putih dengan hoodie abu-abu.

Pria berseragam TNI itu awalnya meminta kepada Bahar untuk memberikan ceramah yang baik kepada masyarakat. Namun, pernyataan personel TNI itu dipotong Bahar dengan menyatakan agar KSAD Jendral Dudung Abdurachman tak berbicara soal agama bila tak mengerti.

"Sudah tugasnya pak, bapak memberikan ceramah yang baik kepada...," kata personel TNI itu lalu perkataannya dipotong Bahar.

"Tugas saya memberikan ceramah, tugasnya Dudung jangan ngutip-ngutip masalah agama kalau enggak tahu masalah agama. Artinya apa? Jangan mensifati Tuhan dengan sifat manusia. Itu ranah kita," kata Bahar.

Personel TNI itu lantas meminta Bahar untuk berhati-hati ketika berbicara. Bahar tak menggubris. Menurutnya, sudah menjadi tugasnya untuk meluruskan pernyataan yang keliru.

"Bapak sebagai ulama harus berhati-hati ngomong," ujar personel TNI itu.

"Loh saya berhati-hati apa? Saya meluruskan yang benar. Dia yang salah. Harus diluruskan dong," kata Bahar.

"Enggak ada kaitannya pak, pak," jawab personel TNI itu lagi.

"Loh enggak ada kaitannya bagaimana?" kata Bahar.

Pengacara Bahar bin Smith, Aziz Yanuar membenarkan bila kliennya didatangi oleh beberapa orang personel TNI di Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (31/12) siang.

"Jam 11 siang tadi dari TNI beberapa orang datang ke Ponpes," kata Aziz.

Aziz mengatakan bahwa personel TNI yang menemui kliennya tersebut untuk menyampaikan sebuah pesan. Aziz menyebut keduanya pun terlibat pembicaraan. "Intinya saling nasihati," kata Aziz.sinpo

Komentar: