Percepatan Pembangunan, Wapres Minta Lemhanas Buat Kajian Khusus Soal Papua

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 20 April 2022 | 07:14 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin/Net
Wakil Presiden Ma'ruf Amin/Net

SinPo.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) membentuk tim pengkajian khusus mengenai Papua. Hal itu disampaikan Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, usai menemui Ma'ruf di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Selasa (19/4).

"Arahannya (Wapres) agar kami juga membentuk tim pengkaji khusus terkait Papua," kata Andi dalam rekaman suara yang diterbitkan Setwapres, Selasa (19/4).

Andi menjelaskan, tim kajian berfungsi untuk memastikan langkah yang diambil pemerintah dapat membawa perubahan signifikan di Papua. Baik perubahan dari sisi keamanan maupun kesejahteraan masyarakat Papua.

"Ke depan kajian tersebut akan dilakukan dengan Tim Kantor Wapres," ucapnya.

Adapun Ma'ruf merupakan Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat. Tim tersebut dibentuk Presiden Joko Widodo lewat Keputusan Presiden RI Nomor 20 Tahun 2020.

Selain itu, Andi mengatakan, saat bertemu dengan Ma'ruf, ia melaporkan tentang berbagai tugas yang mesti dilakukan Lemhannas sejak dirinya ditunjuk sebagai pimpinan lembaga itu pada Februari 2022.

Ia menuturkan, Lemhannas berencana membuat kajian soal ekonomi biru, ekonomi hijau, transformasi digital, pertahanan Ibu Kota Negara (IKN) di Nusantara, dan konsolidasi demokrasi.

"Hasil kajiannya akan didiskusikan lebih dalam dengan Pak Wapres," ucapnya.sinpo

Komentar: