Survei Lanskap: Prabowo Capres Paling Kuat di Jateng dan Jatim

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 18 Juli 2022 | 12:30 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Dok. Kemenhan
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Dok. Kemenhan

SinPo.id - Hasil survei Lanskap menunjukkan bahwa tingkat popularitas Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024 paling tinggi di Jawa tengah (Jateng) maupun Jawa Timur (Jatim).

"Secara umum Prabowo Subianto tampil sebagai tokoh paling kuat di Jateng dan Jatim dalam temuan survei kami," ungkap Direktur Eksekutif Lanskap Muhammad Toha dalam meeting zoom, Senin, 18 Juli 2022.

Menurut Toha, untuk di Jateng persentase popularitas Prabowo di angka 95,5 persen. Sedangkan di Jatim publik mengenal Menteri Pertahanan tersebut di angka 85 persen.

"Untuk tokoh - tokoh yang beredar di bursa Capres 2024 seperti Ganjar dan Anies memiliki popularitas di Jateng maupun Jatim masih dibawah Ketua Umun Gerindra tersebut, ucap Toha.

Sementara itu terkait elektabilitas, Toha mengatakan lagi - lagi Jateng dan Jatim sebagian besar memberikan tingkat kesukaan paling besar terhadap Prabowo. Untuk di Jateng Menhan disukai diangka 55,8 persen dan di Jatim persentasenya 54,4 persen.

"Kecendurungan tingkat kedisukaan yang sangat besar di dua provinsi ini diduga terjadi karena sikap legowo demi bangsa negara yang ditunjukkan Prabowo mau bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Maruf. Selain itu mungkin publik juga melihat Prabowo berhasil menunjukkan loyalitasnya dan kinerja apiknya sebagai menteri Jokowi," pungkasnya.sinpo

Komentar: