Survei SPIN: Elektabilitas Gerindra Teratas Disusul PDIP dan Golkar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 02 Februari 2024 | 17:54 WIB
Bendera Partai Gerindra (SinPo.id/ Istimewa)
Bendera Partai Gerindra (SinPo.id/ Istimewa)

SinPo.id - Lembaga survei SPIN merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol). Hasilnya, Partai Gerindra berada di posisi teratas, disusul PDI Perjuangan (PDIP), dan Golkar.

Dalam survei itu, Gerindra tercatat memperoleh 21,8 persen suara. Sedangkan PDIP mendapat 18,9 persen dan Golkar 9,7 persen responden.

Survei SPIN juga menanyakan ke responden mengenai alasan memilih partai tersebut. Mayoritas responden mengaku memilih parpol tersebut berdasarkan capres yang diusung.

"Mayoritas publik atau 45,1 persen mengaku alasan memilih partai politik disebabkan oleh calon presiden yang diusung. Kemudian ada 10,5 persen yang mengaku memilih parpol tersebut karena ideologi dan program parpolnya. Selanjutya ada 8,3 persen yang beralasan memilih partai karena calegnya. Yang mengejutkan ada 7,2% yang mengaku ingin memilih partai politik yang baru," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam keterangannya, Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Berikut posisi elektabilitas parpol lain versi survei SPIN;

PKB: 7,3% persen
NasDem: 7 persen
PKS: 5,1 persen
Demokrat: 5 persen
PAN: 4 persen
PSI: 4 persen
Gelora: 3,6 persen
PPP: 3 persen
PBB: 2,1 persen
Perindo: 2,1 persen
Ummat: 0,1 persen
Hanura: 0,1 persen
Garuda: 0,1 persen
Partai Buruh: 0,1 persen
PKN: 0,1 persen
Tidak ikut memilih: 1,1 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 4,8 persen

Survei ini dilakukan pada 28 hingga 31 Januari 2024. Responden tersebar secara proporsional di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Jumlah responden mencapai 1.200.

Teknik sampel menggunakan random digit dialing pembangkitan nomor mobile phone tiap provinsi. Teknik pengumpulan data yakni wawancara telesurvey menggunakan bantuan kuesioner. Margin of error (MoE) survei kurang lebih 2,8 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: