Kemenkumham Belum Terima Permohonan Penarikan Merek CFW dari Baim Wong

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 26 Juli 2022 | 12:50 WIB
Konferensi Pers Kemenkumham/SInPo.id
Konferensi Pers Kemenkumham/SInPo.id

SinPo.id -  Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyampaikan PT. Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong belum menarik permohonan merek Citayam Fashion Week (CFW).

Dari empat pihak pemohon merek CFW hanya pihak Indigo Aditya Nugroho yang sudah melakukan penarikan permohonan di DJKI.

"Dari empat permohonan yang ada, pertanggal 25 Juli kemarin pemohon Indigo mengajukan penarikan," kata Plt Dirjen Kekayaan Intelektual, Razilu di kantor Kemenkumham, Jakarta, Selasa 26 Juli 2022.

Razilu menjelaskan, semua pihak memang berhak mendaftarkan merek, baik itu perorangan maupun badan hukum. 

Namun, setiap pemohon merek harus mempunyai itikad baik, agar nantinya tidak digugat pihak lain yang tidak senang dengan merek tersebut.

"Maka publik harus tahu bahwa sebenarnya untuk mendapat merek itu ada tahapan. Ketika seseorang mengajukan permohonan merek maka akan ditelaah," ujar Razilu.

Razilu menyebut masyarakat bisa mengajukan keberatan terkait adanya beberapa pihak yang mengajukan merek CFW, nantinya keberatan itu akan menjadi pertimbangan dalam tahapan proses pengajuan hak merek tersebut.

"Semua pihak juga bisa mengajukan keberatan, silakan saja mengajukan argumen, itu semua akan diperiksa secara substantif," pungkas Razilu.

Sebelumnya, Baim Wong menjelaskan, pihaknya akan membatalkan permohonan pengajuan merek Citayam Fashion Week ke DJKI. Ia menegaskan tidak ambisius sebagai pemegang merek CFW.

"Jadi memang kita mau melepaskan karena menurut saya, nggak mau jadi kayak seperti ini ya, nggak ada niatan kita untuk tadi juga berpikiran akan dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka, cuma saya bilang, daripada berkelanjutanlah, saya bisa bilang nggaklah. Kita niatnya tidak ke sana sama sekali," ucap Baim Wong dalam akun YouTube pribadinya.

Baim Wong mengaku hanya berniat menjadikan CFW sebagai ajang besar. Karena itu, dia menegaskan tidak bermaksud untuk mencari untung dari ajang CFW.

"Banyak orang sedih juga pas baca ketika mengambil untung dari ini, aduh saya bilang malah kita mau menjadikan ini suatu ajang besar dan hasilnya buat mereka semua," pungkasnya.
 sinpo

Komentar: