Wapres Sebut ASEAN Para Games Sumber Inspirasi Tentang Kesetaraan

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 31 Juli 2022 | 12:39 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat pembukaan ASEAN Para Games (SinPo.id/Instagram)
Wapres Ma'ruf Amin saat pembukaan ASEAN Para Games (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id -  Wakil Presiden, K.H Ma'ruf Amin resmi membuka ajang ASEAN Para Games di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 30 Juli 2022 malam. Dalam pidato pembukaannya, Wapres berharap event olahraga ini bisa menjadi perekat hubungan antar negara ASEAN.

"Saya berharap lewat perhelatan olahraga ini, negara ASEAN mempererat hubungan persahabatannya. Serta memperkuat komunitas ASEAN semakin Inklusif serta tangguh," ujar Ma'ruf seperti dilansir Instagram @jktinfo.

Ma'ruf juga mengapresiasi penyelenggaraan ASEAN Para Games. Apalagi selama pandemi Covid-19, event olahraga dapat dikatakan sangat minim.

"Alhamdulillah, Menpora, Gubernur, Pak Wali Kota bisa menyelenggarakan dan saya kira ini sesuatu prestasi yang luar biasa untuk mendorong semangat atlet para games ini yang memang sudah lama tidak ada event-event internasional yang diharapkan oleh mereka," jelas Ma'ruf.

Lebih jauh Ma'ruf menilai, ASEAN Para Games bukan hanya sekedar event olahraga biasa. Lebih dari itu, ASEAN Para Games juga menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya penyandang disabilitas.

"ASEAN Para Games merupakan ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua tentang kesetaraan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin secara resmi membuka ajang ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 30 Juli 2022. Pada pembukaan tersebut ditandai dengan pengangkatan keris.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, ASEAN Para Games kesebelas tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka,” kata Ma’ruf Amin saat membuka acara.

ASEAN Para Games XI 2022 merupakan ajang pertandingan olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara. Acara itu diselenggarakan mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Ma’ruf Amin mengatakan, ajang ASEAN Para Games sempat tertunda karena pandemi Covid-19. “Malam ini saya sangat gembira karena dapat hadir di Stadion Manahan, Surakarta untuk membuka acara yang istimewa ini,” tutur Ma’ruf Amin.
 sinpo

Komentar: