Cak Imin Minta Kebijakan Tarif Pulau Komodo Dikaji Kembali

Laporan: Farez
Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:58 WIB
Pulau Komodo/Pixabay
Pulau Komodo/Pixabay

SinPo.id -  Pemerintah diminta untuk memperhatikan nasib masyarakat seiring rencana menetapkan kebijakan kenaikan tarif untuk masuk kawasan wisata Pulau Komodo.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Fraksi PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, kebijakan tersebut dinilai masyarakat akan meminggirkan mereka yang selama ini telah menggantungkan hidup sebagai pelaku wisata di Pulau Komodo.

"Kebijakan ini dinilai masyarakat akan meminggirkan mereka yang selama ini telah menggantungkan hidup sebagai pelaku wisata di Pulau Komodo," cuitnya, Kamis, 4 Agustus 2022.

Cak Imin pun meminta agar kebijakan itu diteliti kembali, mengingat imbasnya cukup negatif bagi penduduk lokal.

“Meminta pemerintah untuk memperhatikan kepentingan masyarakat lokal Pulau Komodo dan keberlangsungan area konservasi dalam pengembangan kawasan wisata Pulau Komodo,” kata Cak Imin.

Sebelumya, warga dan pelaku wisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar aksi unjuk rasa dan mogok massal terkait kenaikan tarif ke Taman Nasional Kawasan Wisata Komodo yang drastis.

Sayangnya, aksi protes tersebut berujung penangkapan warga sipil hingga aktivis. 

Adapun protes tersebut dilakukan lantaran tarif masuk Pulau Komodo dinaikkan, dari semula hanya Rp150 ribu menjadi Rp3,75 juta.sinpo

Komentar: