Jelang Semifinal AFF U-16 Bima Sakti Soroti Mental Anak Asuhnya

Laporan: Glen
Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:42 WIB
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti (SinPo.id/PSSI)
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti (SinPo.id/PSSI)

SinPo.id - Timnas U-16 Indonesia akan melawan Myanmar di babak semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo pada Rabu 10 Agustus 2022. Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti menyoroti mental para pemain muda. 

"Kami harus tetap mengajarkan para pemain muda ini untuk disiplin, respek dengan tim lain," kata dia, seperti dilansir laman PSSI.org, Rabu 10 Agustus 2022.

Timnas U-16 Indonesia melaju ke babak semifinal menyandang status juar Grup A. Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0, bermain agresif melawan Singapura dengan hasil kemenangan fantastis 9-0 dan comeback istimewa 2-1 melawan Vietnam di laga terakhir Grup A.

Di pihak lawan, Myanmar keluar juga sebagai status juara dari Grup C, dengan hasil kemenangan 3-2 melawan Australia, seri 1-1 saat jumpa Malaysia dan menang 1-0 melawan Kamboja.

Menurut Bima Sakti, Myanmar adalah tim yang bagus sehingga anak asuhnya harus bekerja keras demi memenangkan laga guna mendapatkan satu tiket ke babak final. 

"Kami harus bermain lebih sabar dan rapi. Jangan melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu," kata dia. 

Secara keseluruhan, dia menyatakan para pemain siap bertanding. 

"Kondisi mereka dalam keadaan fit dan siap bertanding. Terpenting adalah, mental anak-anak harus lebih kuat lagi di partai semifinal nanti,” kata dia.

Bima Sakti meminta suporter untuk terus mendukung pertandingan timnya secara sportif. Dia juga ingin suporter tidak bertindak yang dapat merugikan timnya dalam gelaran ini, seperti meneror secara fisik tim lawan.

“Mungkin kalau hanya teriakan saja tidak masalah. Tetapi jangan sampai lebih dari itu, karena itu akan merugikan kami juga,” ungkapnya.

“Saya mewakili suporter, menyampaikan permohonan maaf kepada Vietnam. Untuk para suporter, marilah kita memberikan dukungan secara sportif dan fokus ke pertandingan,” tegasnya lagi.

Terakhir, Bima juga terus menerus mengingatkan kepada suporter agar tidak menyalakan suar (flare) di dalam maupun di luar stadion, sebelum, selama dan setelah selesai pertandingan.

“Sekali lagi saya tak bosan-bosannya mengingatkan dan saya juga mohon jangan ada flare lagi. Itu akan sangat merugikan kita,” tutup Bima.

Laga antara Indonesia dan Myanmar ini akan berlangsung pukul 20.00 WIB. 

Sebelumnya, ada laga antara semifinalis lain yaitu Vietnam dan Thailand pada pukul 15.30 WIB. Semuanya tersaji di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.sinpo

Komentar: