Koalisi Warga Jakarta SP-2 Anies, Wagub DKI: Silakan Saja

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 24 Agustus 2022 | 04:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria merespon surat peringatan (SP) 2 dari Koalisi Perjuangan Warga Jakarta (Kopaja) kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan pada Selasa, 23 Agustus 2022. 

Riza mengatakan, pihaknya menghormati setiap masukan maupun kritikan dari masyarakat. Namun, kata Riza, perlu dilihat juga beberapa program yang sudah terealisasikan dalam penanganan permasalahan di DKI. 

"Jadi silakan kelompok masyarakat yang memberikan pendapat, kritik, rekomendasi, usulan, itu kita hormati. Kita bisa duduk sama-sama melihat mana yang sudah, mana yang belum," kata Riza di Balaikota Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022. 

Riza menuturkan, dalam pelaksanaan program dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Terlebih dalam penanganan permasalahan yang ada di Jakarta. Riza menyebut, tidak cukup hanya dengan satu periode masa jabatan Gubernur. 

"Tidak bisa semua seperti membalikkan tangan. Semua tiba-tiba macet selesai dalam satu periode, banjir selesai dalam satu periode, ya tidak mungkin," tuturnya. 

Lebih lanjut, Riza Juga menyebut, surat peringatan tersebut hanya mewakili sebagian kecil masyarakat Jakarta. Sedangkan, kata Riza, beberapa program di DKI telah mengalami peningkatan yang signifikan. 

"Itu kan versi kelompok masyarakat. masyarakat kan banyak, ada 10,5 juta warga Jakarta. itu warga yang mana," kata Riza. 

"Tapi kita lihat transportasi kita membaik tidak? Kan jelas. Ada penambahan gak pengguna angkutan publik? Kan jelas ada peningkatan yang signifikan," tambahnya. 

Kendati demikian, Politisi Partai Gerindra itu tetap menghormati setiap masukan dari masyarakat. Hal ini, kata Riza, demi kemajuan Kota Jakarta. 

"Tapi kita kan hormati, jangankan seribu orang, satu orang aja punya pendapat, kita hormati, kita hargai," tuturnya. 

Diketahui sebelumnya, Sekelompok masa yang mengatasnamakan diri mereka Koalisi Perjuangan Warga Jakarta (KOPAJA) memberikan Surat Peringatan (SP) 2 kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hal tersebut disampaikan secara tertulis maupun lisan di depan Balaikota Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022. 

Melalui sejumlah poster bertuliskan "Anies Waktumu Sudah Habis", masa aksi mendesak Anies menyelesaikan sembilan permasalahan di Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya, KOPAJA mengaku, telah memberikan SP 1 beberapa bulan lalu.sinpo

Komentar: