Menkes Terkonfirmasi Positif Covid-19, Langsung Isoman

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:41 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (SinPo.id/Laman Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (SinPo.id/Laman Kemenkes)

SinPo.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini dia tengah melakukan isolasi mandiri (isoman) sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Budi mengatakan, keterbukaan terhadap statusnya yang positif Covid-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Hal ini guna memutus penularan agar tidak semakin meluas.

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes. Jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri,'' kata Budi seperti dikutip dari laman Kemenkes.

Budi akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif Covid-19. Selama isoman, dia akan tetap menjalankan aktivitasnya sebagai pejabat publik secara virtual.

''Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali," katanya.

Budi menejelaskan, sejumlah pihak yang bertemu dengannya dalam beberapa waktu terakhir juga telah diberikan informasi. Mereka diminta untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri.

Walau terjangkit Covid-19, Budi mengaku, saat ini kondisinya relatif sehat. Menurutnya hal ini berkat vaksinasi dan booster.

"Vaksinasi tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari Covid-19, namun untuk mencegah gejala sakit yang parah," jelasnya. sinpo

Komentar: