Dirkrimum: Empat Korban Mutilasi Oleh Anggota TNI Belum Tentu Terlibat KKB

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 03 September 2022 | 06:39 WIB
Pelaku mutilasi empat warga sipil Papua. Foto: Dok. Polda Papua
Pelaku mutilasi empat warga sipil Papua. Foto: Dok. Polda Papua

SinPo.id - Polda Papua belum bisa memastikan empat korban mutilasi yang dilakukan anggota TNI AD dari Brigif 20 Timika terlibat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
 
"Belum didalami adanya dugaan keterlibatan keempat korban dengan KKB, karena masih diselidiki," ujar Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani, Jumat, 2 September 2022.
 
Faizal mengatakan, saat ini anggota kepolisian masih melakukan penyelidikan, untuk mengetahui ada atau tidaknya keterkaitan korban dengan KKB.
 
Selain itu, sambung Faizal, identitas keempat jasad yang masih disemayamkan di RSUD Timika juga belum diketahu, karena menunggu hasil identifikasi yang dilakukan Puslabfor Polda Papua.
 
"Butuh waktu sekitar seminggu untuk memastikan identitas keempat jasad korban mutilasi yang hingga kini hanya ditemukan bagian tubuh korban," tutur Faizal.
 
Kasus pembunuhan dengan cara mutilasi diduga dilakukan 12 orang pelaku, delapan di antaranya anggota Brigif 20 Timika.
 
Para korban yang dilaporkan menjadi korban, yaitu Arnold Lokbere, Irian Nirigi, Leman Nirigi, dan seorang korban lainnya yang belum diketahui identitasnya.
 
Korban dibunuh Senin, 22 Agustus 2022, sekitar pukul 21.50 WIT di kawasan SP 1, Distrik Mimika Baru. Kemudian jasadnya dibuang di sekitar Sungai Kampung Pigapu, Distrik Iwaka, Timika.sinpo

Komentar: