Mencekam! Gabungan Massa Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM  Adu Orasi di Patung Kuda

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 09 September 2022 | 17:52 WIB
Aksi unjuk rasa di Patung Kuda memanas (SinPo.id/Zikri)
Aksi unjuk rasa di Patung Kuda memanas (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Gabungan massa aksi unjuk rasa tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi terus berdatangan memadati Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat 9 September 2022.

Dalam pantauan SinPo.id di lokasi sekitar pukul 16:00 WIB, terdapat beberapa gabungan massa aksi yang tengah menyuarakan penolakannya terhadap kenaikan harga BBM.

Diantaranya, yakni gabungan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Organisasi Masyarakat (Ormas), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Universitas Muhammadiyah Uhamka hingga para pengemudi ojek online (Ojol).

Kendati sama-sama menyuarakan penolakan kenaikan BBM, namun massa aksi terbagi di beberapa titik aksi.

Terlihat masa aksi dari para pengemudi ojek online melakukan orasi di Jalan Merdeka Barat diikuti masa Ormas di belakangnya. Kemudian, masa aksi dari UMJ melakukan orasi di depan Patung Kuda.

Sedangkan massa aksi dari IMM melakukan aksi di depan Monas dengan menyalakan Flare berwarna merah. Disusul, massa aksi dari Uhamka yang melakukan long march dari bundaran menuju titik aksi di kawasan patung kuda dan kemudian mengumandangkan adzan. 

Di sisi lain, bahkan ada pergerakan dari massa lain yang terus mengumandangkan lagu perjuangan di sebelah gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sehingga lalu lintas di sekitar MH Thamrin menuju Bundaran HI terpantau tersendat.

Suasana dilokasi terpantau bergemuruh, akibat dari saling adu orasi dari beberapa gabungan kelompok massa aksi.

Seperti diketahui, unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di DKI Jakarta masih terus bergulir, sebanyak 8.350 personel kepolisian dikerahkan mengamankan aksi pada hari ini, Jumat 9 September 2022.

"Untuk perkuatan pengamanan kita turunkan sebanyak 8.350 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat 9 September 2022.

Adapun lokasi aksi unjuk rasa pada hari ini terdapat di tiga titik, yaitu DPR, Patung Kuda, dan kantor LBH Menteng, Jakarta Pusat.

"Hari ini sesuai pemberitahuan ada beberapa kelompok elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya terkait BBM ini di DPR, Patung Kuda, dan LBH, Menteng, Jakarta Pusat," ujarnya. sinpo

Komentar: