Jaga Inflasi Pangan, Jokowi Minta Subsidi Transportasi

Oleh: Ardi
Senin, 12 September 2022 | 01:30 WIB
Ilustrasi SPBU (istimewa)
Ilustrasi SPBU (istimewa)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan pemerintah daerah membantu biaya transportasi barang kebutuhan pokok. Upaya membantu biaya transportasi barang kebutuhan pokok itu terutama bagi daerah yang mengalami kenaikan harga barang kebutuhan pokok lebih dari lima persen.

"Pemerintah daerah akan membantu subsidi transportasinya, sehingga harga barang kebutuhan pokok dapat turun. Jadi, ini harus menjadi perhatian jangan sampai bergejolak," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, 11 September 2022.

Menurut dia, pemerintah akan terus berupaya menjaga inflasi pangan terkendali melalui berbagai upaya, mulai dari operasi pasar, subsidi angkutan, maupun optimalisasi program Gerai Maritim, Tol Laut, dan Jembatan Udara. Dengan demikian, ia optimistis dapat mengendalikan gejolak harga sebagaimana upaya stabilisasi minyak goreng yang berhasil mencatatkan deflasi dalam empat bulan terakhir.

"Saya setiap hari memonitor harga barang kebutuhan pokok. Di Pasar Karang Ayu harga barang kebutuhan pokok stabil. Untuk telur terus mengalami penurunan, di pasar tercatat Rp27.000 per kg dan terus kita monitor," jelasnya.sinpo

Komentar: