Ma’ruf Amin Ingatkan Umat Islam Tidak Kebablasan Sampaikan Pendapat di Medsos

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dok. Istana Wapres
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dok. Istana Wapres

SinPo.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan agar umat Muslim pengguna media sosial bisa bersikap bijak dalam menyampaikan pendapat, sehingga postingannya itu bermanfaat dan tidak menimbulkan perpecahan.

Menurut Ma’ruf Amin,  kebaikan atau keburukan yang terjadi akibat unggahan di media sosial sepenuhnya tergantung pada niat dan tujuan dari penggunanya. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial harus dilakukan sebaik-baiknya agar membawa kemaslahatan bagi banyak orang.

“Semua alat dapat membawa manfaat atau mudarat, tergantung kepada penggunanya. Sama halnya dengan media sosial. Akan menjadi berkah apabila dijadikan kendaraan untuk mengantarkan pada tujuan yang mulia yaitu melindungi dan mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum dan menjaga ketertiban dunia,” ujar Ma’ruf, Jumat, 16 September 2022.

“Sebaliknya media sosial akan menjadi bencana jika digunakan untuk menyebarkan hoax, disinformasi, ujaran kebencian penipuan perundungan dan juga lain-lain sebagainya. Jadi ini bisa mudharat bisa maslahat,” sambungnya.

Pemanfaatan media sosial dengan baik juga dapat dilakukan sebagai penjaga demokrasi di dunia modern ini. Demokrasi yang dulu diperjuangkan dan dijaga hanya di dunia nyata, kini juga harus dijaga di dunia digital.

“Dimana setiap orang harus mampu menjaga kebebasan dan mengeluarkan pendapat di media sosial agar jangan sampai kebablasan sehingga menimbulkan permusuhan antar saudara sebangsa,” tuturnya.

Bagi umat Islam, tambahnya, kehadiran media sosial juga harus dioptimalkan sebagai sarana menguatkan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan dalam Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan dalam berbangsa), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama umat manusia).

“Jangan sebaliknya justru dunia digital membuat umat di dunia nyata terpolarisasi dan terpecah belah. Ini penting,” pungkasnya.
 

 sinpo

Komentar: