Jokowi dan Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal, Jemaah Diimbau Datang Subuh

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 09 April 2024 | 20:14 WIB
Jamaah di Masjid Istiqlal (SinPo.id/ Ashar)
Jamaah di Masjid Istiqlal (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pejabat negara, dan sejumlah tokoh negara sahabat, dijadwalkan akan melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal. Karenanya, umat Islam yang hendak salat Id di Masjid Istiqlal, untuk datang sejak salat Subuh. 

"Kami mohon supaya jemaah bisa lebih awal datangnya. Kalau bisa salat subuhnya di Masjid Istiqlal, kami sudah buka," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar dalam konferensi pers pada Selasa, 9 April 2024. 

Nassarudin mengingatkan, jika umat terlambat datang, konsekuensinya terkena macet di sekitaran Masjid Istiqlal. "Tahun-tahun yang lalu mungkin tidak bisa membaca prediksi itu, orang sudah bubar masih ada yang belum sampai ke Istiqlal. Nah ini kan sayang," ujar Nasaruddin.

"Karena itu, saya mohon kepada para jemaah yang pencinta Istiqlal ini datang lah lebih awal untuk takbir, mudah-mudahan Insya allah tentu berkahnya pahalanya akan lebih banyak," sambungnya. 

Nassarudin menyampaikan, pihak Masjid Istiqlal juga telah menyusun daftar imam, khatib, serta bilal yang akan bertugas pada pelaksanaan salat Idul Fitri.

Untuk tema khotbah adalah 'Memperkuat Kebersamaan dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.'

Selain itu, pihak Masjid Istiqlal juga menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar Masjid Istiqlal, termasuk berkomunikasi dengan pihak Gereja Katedral. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar masjid.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Katedral, kita juga pakai tempat parkirnya dan kantor-kantor yang memiliki space parkir di sini. Ya Pertamina, bus kita sudah mengantisipasi di sekitar Monas, jadi nanti antar jemput. Jadi kalau saja diikuti peraturan-peraturan besok yang ditetapkan oleh pihak kepolisian, Insyaallah diharapkan bisa lancar," tukasnya.sinpo

Komentar: