Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Anies Berharap Indonesia Raih Medali Emas

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 19 September 2022 | 16:42 WIB
Ketua FTPI Yenny Wahid dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Zikri)
Ketua FTPI Yenny Wahid dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Indonesia menjadi tuan rumah International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022, atau Piala Dunia Panjat Tebing 2022, yakni di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada 24 sampai 26 September 2022. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pihaknya siap mendukung penuh menyukseskan gelaran kelas dunia tersebut. Sebagai tuan rumah, Ia berharap para Atlet Indonesia mampu meraih medali emas. 

"Ini adalah cabang olahraga yang atlet kita dominan. Jadi kita doakan bukan hanya dapat medali tapi medali emas. Karena kita tuan rumah di negeri sendiri," kata Anies di Balaikota Jakarta, Senin 19 September 2022. 

Selain itu, Anies menyebut, fasilitas yang tersedia di Jakarta cukup memadai, bahkan disebut sebagai yang terbaik di Indonesia. 

"Ini fasilitas yang ada aja semua fasilitas baru. Fasilitas yang dibicarakan tdi menurut temen-temen federasi pannjat tebing terbaik di indonesia, yang ada di sini," terang Anies. 

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) Yenny Wahid mengaku sangat bersyukur atas dukungan yang didapatkan dari Pemprov DKI Jakarta. Kontribusi dari Pemprov DKI sangat dibutuhkan. 

Yenny juga menuturkan, saat ini fasilitas Jakarta International Climbing Wall Park di Cakung, Jakarta Timur, merupakan sarana yang diandalkan para atlet untuk berlatih.

"DKI pada saat ini memiliki dinding panjat tebing yang paling baik di seluruh Indonesia ya itu fasilitas yang dibangun di zaman Pak Anies," ujar Yenny di Balaikota Jakarta, Senin 19 September 2022. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid di Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Senin 19 September 2022. 

Anies menyampaikan, pertemuannya dengan Yenny ialah membahas rencana akan diadakannya IFSC World Cup 2022 atau Piala Dunia Panjat Tebing 2022, yang digelar pekan depan. 

"Baru saja kami menerima Federasi Panjat Tebing Indonesia yang dipimpin oleh mba Yenny Wahid, beliau sebagai ketua, menyampaikan rencana adanya worldcup 2022 untuk panjat tebing di Jakarta yang akan berlangsung pekan depan," kata Anies di Balaikota Jakarta, Senin 19 September 2022. 

Anies mengaku bersyukur Jakarta menjadi tuan rumah pada kejuaraan dunia panjat tebing tahun ini. Ia juga mengklaim Jakarta memang sudah layak menggelar event-event kelas dunia. 

"Sebagai kota global memang bisa memfasilitasi event-event berskala international dan ini diharapkan nantinya bisa lebih mengenalkan Jakarta ke dunia, Indonesia ke dunia, sekaligus nantinya kita akan bisa menunjukkan atlet-atlet kita yang bisa membawa nama baik Indonesia di dalam perhelatan skala global," tutur Anies. sinpo

Komentar: