Sektor UMKM Penting untuk Stabilitas Makro Ekonomi dan Sistem Keuangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 26 September 2022 | 13:06 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo. Foto: DPR
Anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo. Foto: DPR

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo, mengatakan sektor UMKM sangat penting untuk stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil.

"Sektor (UMKM) memiliki peranan penting dalam struktur perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan besar terhadap Produk Domestik Bruto 61,1 persen, penyerapan tenaga kerja 97,1 persen, dan ekspor 14,4 persen," kata Andreas, Senin 26 September 2022.

Namun menurutnya, minimnya akses modal terhadap sektor UMKM masih menjadi masalah yang membuat sektor tersebut sulit bersaing dan terakselerasi.

"Maka dari itu peningkatan akses dan jangkauan akses UMKM terhadap jasa keuangan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan tersebut," ungkapnya.

Pasalnya, kata Andreas, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional, sehingga memerlukan tiga pilar kebijakan sebagai pengembangan, seperti korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan.

"Dukungan terhadap peningkatan ekosistem UMKM yang turut dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui kemudahan kredit UMKM, juga sangat diperlukan," terangnya.

Kemudahan tersebut, dapat dilakukan melalui skema akses pembiayaan melalui fintech (peer to peer lending), penghimpunan dana UMKM melalui securities crowdfunding (SCF).

 sinpo

Komentar: