Raker dengan Komisi I, Jenderal Andika Terlihat Akrab dengan KSAD Dudung

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 26 September 2022 | 19:54 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan mengatakan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terlihat akrab dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman selama rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR.

Farhan menilai selama rapat tak ada indikasi  hubungaan kedua Jenderal itu sedang tak harmonis. Bahkan, ia mengatakan Andika dan Dudung sempat bersalam-salaman.

“Sepertinya baik-baik saja ya hubungan Andika dengan Dudung. I feels it good. Tanya fotografer coba, tadi mereka yang foto-foto, salaman-salaman gitu, sampe saya ketabrak,” ujar Farhan kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin, 26 September 2022.

Saat rapat dimulai, kata Farhan, tampak Andika dan Dudung duduk bersama di satu meja. Namun, mereka duduk dipisahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Andika duduk di samping kanan Prabowo sedangkan Dudung duduk di samping kirinya.

Menurut Farhan, memang sudah menjadi tradisi posisi duduk antara Panglima TNI dan Staf Khusunya memang dipisah oleh Menhan. Oleh sebab itu, dia tak sependapat jika mereka posisi duduk tersebut menandakan bahwa hubungan antara Dudung dan Andika memang sedang tak baik.

“Kondisi duduk dari dulu selalu diatur. Menteri pertahanan di tengah, di sebelah kanannya pasti Panglima TNI, di sebelah kiri nya adalah staf khusus, selalu begitu,” kata Farhan.

Diketahui, Komisi I DPR-RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Rapat itu juga dihadiri KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan KSAL Yudo Margono.sinpo

Komentar: