Panglima TNI: Tindak Tegas OPM, Tak Ada Negara dalam Negara!

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 11 April 2024 | 15:25 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (SinPo.id/Antara)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berjanji bakal menindak tegas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, yang kini disebut Organisasi Papua Merdeka (OPM). Militer Indonesia tidak akan membiarkan kelompok yang ingin mendirikan negara di dalam negara.

"Saya akan tindak tegas untuk apa yang dilakukan oleh OPM. Tidak ada negara dalam suatu negara!" kata Agus dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta pada Rabu, 10 April 2024.

Agus mengungkap alasan mengganti KKB menjadi OPM. Menurutnya, penggantian istilah itu mengikuti keinginan kelompok separatis tersebut di mana mereka menamai diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

"Jadi dari mereka sendiri menamakan mereka adalah TPNPB, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, sama dengan OPM," ucap Agus.

Agus menyinggung tindakan keji kelompok OPM sejauh ini. Dia menyebut OPM kerap melakukan pembunuhan, pemerkosaan kepada para guru, tenaga kesehatan, bahkan aparat keamanan. Dia kembali menegaskan TNI tidak akan menahan diri lagi.

"Masa harus kita diamkan seperti itu? Dan dia kombatan, membawa senjata. Dua hari yang lalu diganggu juga. Padahal kita akan memberikan bantuan pelayanan masyarakat kepada masyarakat di sana, masa harus didiamkan," tegasnya.sinpo

Komentar: