Putin Bakal Lanjutkan Pembicaraan dengan Zelensky untuk Akhiri Perang

Laporan: Tri Bowo Santoso
Selasa, 27 September 2022 | 11:29 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Istimewa
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Istimewa

SinPo.id -  Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pembicaraan dengan Ukraina guna mengakhiri perang.

Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dalam konferensi pers di Tokyo, Senin, 26 September 2022.

Menurut Cavusoglu, Putin melontarkan gagasan itu selama percakapan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) baru-baru ini di Samarkand, Uzbekistan.

"Dalam proses negosiasi dengan presiden kami, Putin mengumumkan kemungkinan untuk kembali bernegosiasi dengan Kyiv, sesuai dengan kondisi terbaru," ujar Cavusoglu sebagaimana dilansir dari RT, tanpa merinci apa yang dimaksud dengan 'kondisi terbaru'.

Cavusoglu juga menegaskan kembali keinginan Ankara untuk mengadakan pembicaraan langsung antara Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

“Presiden kami akan melanjutkan kontaknya dengan Putin dan Zelensky. Tujuan kami adalah menyatukan kedua pemimpin untuk memastikan bahwa keputusan dibuat di tingkat para pemimpin,” kata Cavusoglu.

Pekan lalu, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Rusia selalu siap untuk melakukan pembicaraan dengan Kyiv. Tetapi, Ukraina telah meninggalkan negosiasi sejak beberapa bulan lalu. sinpo

Komentar: