Polisi Pastikan Keamanan Persija Jakarta saat Jumpa Persib Bandung di GBLA

Laporan: Sinpo
Jumat, 30 September 2022 | 16:00 WIB
BRI Liga 1 (wikipedia)
BRI Liga 1 (wikipedia)

SinPo.id -  Persib Bandung akan menjamu Persija Jakarta dalam laga lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu 2 Oktober 2022. Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta akan mendapatkan pengawalan ketat.

"Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan ofisial, yang pelaksanaannya sama dengan yang lain," kata Kombes Pol.Ibrahim Tompo di Bandung, Jawa Barat, Jumat 30 September 2022. 

Pada pertandingan tersebut, polisi melarang pendukung Persija atau Jakmania untuk hadir dan menonton langsung di Stadion GBLA. Selain itu, laga yang semula bakal digelar pukul 20.00 WIB dimajukan menjadi pukul 16.00 WIB. 

Sejumlah langkah itu diambil, kata dia, demi pertimbangan keamanan. Untuk itu, polisi pun menerapkan pengamanan berlapis dengan sistem empat ring. Nantinya para penonton bakal diperiksa di sejumlah ring tersebut.

"Itu kami lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat, apalagi ada seleksi untuk (pendukung) Persija tidak boleh masuk ke dalam," ujarnya.

Untuk diketahui, Polda Jawa Barat mengizinkan pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta dalam lanjutan kompetisi Liga 1 digelar pada Minggu 2 Oktober 2022 sore. Sebelumnya, duel tim besar di kompetisi sepak bola Indonesia itu akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Minggu pukul 20.00 WIB.

“Jadi akan main sore hari,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo, dalam keterangannya pada Senin 26 September 2022.

Alasan pertandingan digelar pada Minggu sore, kata dia, salah satunya adalah faktor keamanan. Menurut dia, apabila pertandingan digelar pada Minggu sore, maka aparat kepolisian dapat memantau pergerakan suporter di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sehingga aparat kepolisian dapat bergerak cepat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau sore hari selain terlihat penonton, mudah terpantau juga pada saat kembali malam itu juga biasanya cepat untuk bubar. Ini sangat menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan pengamanan dan pelaksanaan dengan aman dan damai atau tidak terjadi permasalahan kamtibmas yang terjadi. Sehingga diputuskan secara bersama lebih bagus menggunakan waktu untuk pertandingan sore hari itu," tambahnya.

Untuk diketahui, Persib Bandung berada di posisi ke-8 dalam papan klasemen sementara Liga 1 dengan 16 poin dari 10 kali berlaga. Sementara itu, Persija Jakarta dalam performa terbaiknya dengan terkalahkan dari 9 laga terakhirnya di kompetisi Liga 1 musim ini. Macan Kemayoran berada di posisi ke-4 dalam klasemen dengan 21 poin dari 10 kali berlaga.sinpo

Komentar: