Mantan Polisi Ngamuk di Thailand, Puluhan Anak-anak Tewas Ditembak

Laporan: Sinpo
Jumat, 07 Oktober 2022 | 19:23 WIB
Pelaku penembakan brutal di Thailand Panya Khamrab/ Istimewa
Pelaku penembakan brutal di Thailand Panya Khamrab/ Istimewa

SinPo.id - Penembakan massal terjadi di sebuah tempat penitipan anak di Distrik Uthaisawan Na Klang, Provinsi Nong Bua Lam Phu, Kamis 6 Oktober 2022 sore waktu setempat. Total lebih dari 30 orang termasuk di antaranya 22 anak tewas dalam insiden brutal ini.

Dilansir Bangkok Post oleh Reuters, pelaku merupakan mantan polisi bernama Panya Khamrab. Sebelum menembaki pusat pengembangan anak, pelaku juga menembak mati anak dan istrinya.

Pelaku diketahui dipecat dari kepolisian Thailand pada tahun 2021 lalu lantaran terlibat kepemilikan narkoba. Selain korban tewas, 10 orang lainnya dilaporkan terluka, enam di antaranya mengalami luka serius. 

Kepala Polisi Nasional Thailand Jenderal Pol Damrongsak Kittiprapas insiden penembakan sangat jarang terjadi. Ini merupakan serangan individu paling brutal di Thailand.

"Serangan itu adalah pembunuhan massal paling mematikan yang pernah dilakukan di Thailand oleh seorang pelaku tunggal," kata Kittiprapas.

Sementara itu, pejabat Distrik Uthaisawan Na Klang, Jidapa Boonsom mengatakan, penembakan terjadi saat makan siang. Awalanya pelaku datang membawa pisau dan senjata api serta meminta anak-anak serta pengasuh masuk ke ruangan.

“Menembak empat atau lima petugas di pusat penitipan anak terlebih dahulu,” kata Jidapa.

Pelaku sendiri tewas bunuh diri usai lokasi kejadian dikepung polisi. Pelaku saat itu tak memiliki celah untuk melarikan diri.sinpo

Komentar: