Deklarasi Capres Anies, Ini Alasan PDIP Kesal ke NasDem

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 14 Oktober 2022 | 13:28 WIB
Hasto Kristiyanto (Sinpo.id/Dok)
Hasto Kristiyanto (Sinpo.id/Dok)

SinPo.id -  Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan kesal dengan Partai NasDem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal itu berbeda dengan Partai Gerindra sudah terlebih dahulu mendeklarasikan Prabowo Subianto. Menurut Hasto, NasDem maupun Gerindra termasuk dalam koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

“Bedanya, Anies dianggap sebagai kebalikan dari Jokowi, sedangkan Prabowo selalu searah dengan kebijakan Jokowi,” kata Hasto, di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Kamis, 13 Oktober 2022 kemarin.

Dia menyoroti pernyataan politisi senior NasDem Zulfan Lindan yang mengatakan Anies sebagai antitesis Jokowi. Pernyataan tersebut, menurut Hasto, hanya membuat persoalan baru kepada tata pemerintahan.

Menurut Hasto, saat ini beberapa menteri Jokowi berasal dari NasDem. Apalagi, lanjutnya, orang nomor satu di Indonesia akan selalu membicarakan permasalahan bangsa kepada para menteri.

Dia khawatir berbagai pembicaraan terkait masa depan bangsa tersebut bocor ke kuping Anies, yang dianggap sebagai antitesis Jokowi.

“Kalau itu bocor ke antitesa-nya gimana? Jadi aspek etika menimbulkan persoalan tata pemerintahan yang serius,” kata Hasto menjelaskan.sinpo

Komentar: