Komnas HAM Kembali Periksa CCTV Stadion Kanjuruhan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:23 WIB
Choirul Anam/SinPo.id
Choirul Anam/SinPo.id

SinPo.id - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kembali mendatangi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur untuk mengecek langsung kondisi CCTV.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada CCTV titik 16 yang bermasalah saat petaka terjadi.

"Salah satu agenda ke malang adalah mendalami kembali CCTV, yang pertama kami bertemu dengan teknisi dan Dispora juga," kata Anam dalam keterangan video, yang diterima Jumat 21 Oktober 2022.

Anam menyebut ada beberapa isu penting dalam pengecekan kembali CCTV tersebut. Pertama memang ada problem teknis di CCTV 16 yang mengarah ke tempat parkir, sebab disebut sempat ada blank dalam rekamannya.

Setelah mendapat keterangan dari teknisi, kata Anam, kerusakan CCTV di titik 16 ternyata adalah murni karena masalah teknis. CCTV di titik tersebut sebelumnya bermasalah dan diganti dengan CCTV yang baru pada Jumat 30 September 2022 atau sehari sebelum petaka terjadi.

Setelah selesai dilakukan pemasangan kembali, lanjut Anam, CCTV tidak langsung dilakukan penyetelan sehingga kerja CCTV di titik 16 tidak maksimal.

"Sehingga, ketika merekam peristiwa kadang-kadang bisa, kadang-kadang tidak. Karena itu, ada sinkronisasi IP dan sebagainya, secara teknis itu jadi persoalan," ujar Anam.

Menurut Anam, bukti tersebut dikuatkan dengan diperlihatkannya jejak digital yang ada dalam video rekaman CCTV yang baru dipasang.

"Kami ditunjukkan jejak digitalnya, perubahan-perubahan IP address dan sebagainya, termasuk detail jejak digitalnya kami ditunjukkan itu sama tim dari teknisinya Dispora," tandasnya.sinpo

Komentar: