Penguatan UMKM Menjadi Salah Satu Kunci dalam Menahan Laju Inflasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:09 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Anggota Komisi XI DPR RI, Siti Mufattahah mengatakan, penguatan ekonomi masyarakat lewat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu kunci dalam menahan laju inflasi.

Pasalnya, potensi inflasi masih akan terus membayangi perekonomian global maupun domestik. Sehingga kelompok-kelompok usaha masyarakat perlu mendapatkan dukungan yang maksimal dari pemerintah. 

"Perlu dilihat juga peluang bahwa ada beberapa usaha masyarakat yang mampu mendorong devisa, dimana UMKM yang berbasis ekspor misalnya," kata Siti, dikutip Rabu 26 Oktober 2022.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan memajukan dan mengembangkan UMKM untuk menembus pasa ekspor, akan dapat mendorong pemasukan bagi devisa negara yang mempengaruhi pengendalian inflasi.

Oleh karena itu, Siti mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap optimistis dan terus menggalakkan roda perekonomian dengan mencintai dan belanja produk-produk UMKM buatan anak bangsa.

"Maka kami berusaha untuk mendorong pemerintah memberikan stimulus-stimulus untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat, seperti pemberian kredit atau bantuan-bantuan terhadap permodalan," ungkapnya.sinpo

Komentar: