Dewan Pers SinPo

Pengamat: Pak Bowo Dapat Berbuat Lebih Banyak bagi Rakyat Palestina Jika Jadi Presiden

Laporan: Sinpo
Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:14 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/ SinPo.id/ Ashar SR
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro menilai sikap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang hendak memberikan beasiswa bagi anak-anak Palestina, merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap negara sahabat yang tengah berkonflik.

"Tawaran itu merupakan bentuk kepedulian dari Prabowo Subianto kepada negara sahabat tengah berada dalam kondisi sulit dalam konflik sesuai dengan wewenang dimiliki sebagai Menteri Pertahanan," ujar Bawono dalam keterangan tertulisnya, Rabu 26 Oktober 2022.

Bila pria yang biasa disapa Pak Bowo itu menjadi Presiden Indonesia, kata Bawono, bukan tidak mungkin kepedulian Indonesia ke Palestina lebih dari sekedar pemberian beasiswa.

"Apabila kelak nanti Prabowo Subianto menjadi Presiden Republik Indonesia sangat mungkin kepedulian terhadap Palestina akan terus ditunjukkan oleh beliau. Tentu saja dengan bentuk lain, lebih dari sekadar memberi beasiswa kepada anak-anak Palestina," tegasnya.

Dengan kapasitas kepemimpinan yang dimiliki, Bawono yakin, Pak Bowo dapat berbuat lebih banyak untuk rakyat Palestina. Pak Bowo diyakini juga akan berbicara  ke dunia internasional untuk Palestina.

"Apabila beliau menjadi Presiden Republik Indonesia bisa saja nanti berupa penggalangan solidaritas internasional, terutama dari negara-negara Muslim, agar Palestina dapat menentukan nasib kemerdekaan mereka sendiri sebagai sebuah bangsa," ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menawarkan beasiswa bagi anak-anak Palestina di Universitas Pertahanan RI. Di sana nantinya anak-anak Palestina akan belajar soal ilmu kedokteran, farmasi, hingga matematika.

"Kami juga menawarkan beasiswa di tingkat SMA berasrama (boarding school) serta sekolah-sekolah militer lainnya untuk anak-anak muda Palestina," ujar Prabowo, dalam keterangan resminya.

Beasiswa ini, kata Pak Bowo merupakan bentuk konkret keberpihakan Indonesia kepada rakyat Palestina. Pasalnya Pak Bowo yakin rakyat Palestina pada akhirnya akan meraih tujuannya.

"Hal ini adalah bantuan konkret untuk mempersiapkan masa depan bangsa Palestina. Kami percaya bahwa pada akhirnya rakyat Palestina akan meraih tujuan-tujuannya," ucap dia.sinpo

Komentar: