Universitas Muhammadiyah Surakarta Gelar Roadshow Pelatihan Laku Pancasila

Digelar Secara Nasional dari Jakarta Hingga Papua

Laporan: Sinpo
Kamis, 25 April 2024 | 10:02 WIB
Peserta pelatihan “Pancasila Sebagai Laku” di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (SinPo.id/UMJ)
Peserta pelatihan “Pancasila Sebagai Laku” di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (SinPo.id/UMJ)

SinPo.id -  Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta (PSBPS UMS) menggelar roadshow “Pancasila Sebagai Laku” yang dimulai dari Jakarta hingga Papua. Kegiatan itu menguatkan kembali ideologi Pancasila dalam kesadaran berbangsa dan bernegara, melalui jalan kultural dan pedagogis.

“Hal ini diwujudkan melalui pendalaman konsep Pancasila dalam tiga dimensi, yaitu pengetahuan, keyakinan dan penghayatan, serta praktik hidup,” ujar Yayah Khisbiyah, Direktur Eksekutif PSBPS UMS, dalam pernyataan resmi, Kamis, 25 April 2024.

Menurut Yayah, program itu untuk para dosen pengampu dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah wajib Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat perguruan tinggi. Sedangkan ketiga dimensi ini oleh PSBPS UMS dituangkan dalam program dengan tajuk “Revitalisasi, Institusionalisasi, dan Standardisasi Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Indonesia (RISP3TI).

“Program ini telah dilakukan sejak 2019 dengan dukungan HARMONI-USAid. PSBPS UMS bekerjasama dengan Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) UMS yang bertanggung jawab atas pengelolaan mata kuliah Pancasila di UMS,” ujar Yayah menjelaskan.

Pada tahun 2024 ini, PSBPS UMS memperluas jangkauan geografis Pelatihan Nasional RISP3TI, dari target awal 24 mitra perguruan tinggi swasta dan negeri di Jawa pada 2023.

“Total menjadi 50 universitas dari berbagai penjuru Indonesia,” ujar Yayah menjelaskan

Penyelenggaraan pelatihan ini dilakukan di 6  hub wilayah: DKI Jakarta dan sekitarnya, Kalimantan, Sumatera, Jawa Timur dan Indonesia Timur, Jawa Tengah, dan Papua. Pelatihan pertama diadakan pada tanggal 23-25 April 2024 untuk daerah hub Jawa Barat dan Jakarta di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kemudian, Profesor Ma'mun Murod, mengatakan pentingnya memahami Pancasila sebagai falsafah tengahan yang bersifat wasathiyah, bukan ekstrem.

“Pancasila adalah hasil dialektika antara berbagai perspektif tentang dasar negara, menciptakan sintesis yang sejalan dengan nilai-nilai fundamental dalam Islam,” ujar Murod.

Ia merekomendasikan Pancasila sebagai alat kritik terhadap berbagai penyimpangan dan pelanggaran demokrasi yang terjadi saat ini. Ia menggarisbawahi bahwa pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sebagai falsafah tengahan dapat membantu mencegah polarisasi dan ekstremisme di masyarakat.

“Dengan memahami bahwa Pancasila adalah sintesis yang memperhitungkan berbagai perspektif dan nilai, diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang membawa Indonesia menuju arah yang lebih baik,”katanya.

 sinpo

Komentar: