Peringati HORI Ke-76, Menkeu Ajak Pemangku Kepentingan Terus Kawal Pertumbuhan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 31 Oktober 2022 | 13:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Setkab
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Setkab

SinPo.id -  Memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 tahun 2022, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan upacara bertemakan “Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan”.

Dalam pidatonya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus mengawal pemulihan ekonomi serta mengidentifikasi munculnya tantangan-tantangan baru yang tidak mudah.

“Kita lihat sekarang dunia geopolitik dan ekonomi global yang mengalami tekanan yang bertubi-tubi pasti akan memberi imbas kepada perekonomian Indonesia," kata Sri Mulyani, Senin 31 Oktober 2022.

Dalam menghadapi itu, menurutnya Kemenkeu sebagai pengelola keuangan negara harus terus sigap merespon dengan kebijakan fiskal dan keuangan negara yang adaptif, responsif, fleksibel, namun tetap akuntabel dan transparan.

Karena setelah pandemi, kata Menkeu, terdapat banyak tantangan lainnya yang tidak mudah, yaitu adanya ancaman resesi global, perubahan iklim (climate change), konstelasi geopolitik, serta digitalisasi yang perlu di respon dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu, ia menghimbau agar seluruh jajaran di Kementerian Keuangan dapat terus mengasah diri, memperbaiki kemampuan analitik, meningkatkan kemampuan bekerja sama, bersinergi, kolaborasi, dan mencari solusi.

“Kemenkeu dan keuangan negara harus menjadi instrumen yang memberikan jawaban dan solusi terhadap berbagai tantangan hari ini dan kedepan, karena Indonesia memang berhak mendapatkan sebuah pengelolaan keuangan negara yang luar biasa baik," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: