Hasil Investigasi KNKT: Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Alami Kegagalan Teknis

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 03 November 2022 | 18:05 WIB
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus/SinPo.id
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus/SinPo.id

SinPo.id -  Berdasarkan hasil investigasi yang disampaikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 disebabkan oleh kegagalan teknis.

Namun Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, mengatakan belum dapat mengungkapkan keseluruhan hasil investigasi, karena ada beberapa bagian yang tak boleh disampaikan menurut ketentuan yang berlaku.

"Kami menemukan ada beberapa bagian pesawat tidak berfungsi dengan baik. Kemudian ada kegagalan teknis dari pesawatnya juga. Itu yang kami dapatkan," kata Lasarus kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 3 November 2022.

Selain itu, ia menjelaskan adanya satu hal yang tidak terungkap, yakni pembicaraan di kokpit, karena dalam Cockpit Voice Recorder (CVR) tidak ditemukan adanya pembicaraan.

"Jadi pembicaraan pilot dan co-pilot yang tadinya diharapkan dapat diketahui dari CVR, ternyata tidak ada. Jadi tidak terungkap juga persoalan apa yang terjadi di ruang kokpit," ungkapnya.

Sehingga yang dapat diketahui dari laporan KNKT tersebut, adalah kegagalan teknis di beberapa bagian pesawat tersebut.

"Salah satunya ketika pesawat itu miring ke kiri padahal tuasnya miring ke kanan. Sehingga pilot itu tidak tahu lagi posisi pesawatnya sudah seperti apa, itu yang disampaikan oleh KNKT," kata Lasarus menambahkan.

Oleh sebab itu, dari hasil investigasi DPR berharap pemerintah dapat selalu melakukan pengawasan, khususnya berkaitan dengan perbaikan yang menyentuh pada bagian mekanikal pesawat.

"Padahal yang terjadi masalah itu adalah persoalan mekanikalnya. Ketika dari elektrik diperintahkan supaya menutup, dia tidak menutup. Secara mekanikalnya tidak berfungsi dengan baik," tandasnya.sinpo

Komentar: