Formula E Tetap Digelar Tahun Depan, PDIP: Bereskan Dulu Audit Keuangan

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 11 November 2022 | 09:59 WIB
Formula E/Dok: Formula E
Formula E/Dok: Formula E

SinPo.id -  Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengaku tidak mempermasalahkan dengan dilanjutkannya gelaran Formula E pada musim depan di tahun 2023. 

Namun ia mengatakan, sebelum event tersebut diselenggarakan kembali, Pemprov DKI melalui Jakarta Propertindo (JakPro) mestinya menuntaskan laporan audit keuangan Jakarta E-Prix gelaran pertama terlebih dulu. 

"Melanjutkan gelaran formula E itu harus dimulai dengan laporan gelaran formula E yang pertama dulu. Ketika itu sudah dilaporkan secara detail baru boleh lah itu dilanjutkan ke putaran berikutnya, gitu," kata Gembong saat dihubungi Kamis 10 November 2022.  

Hal ini kata Gembong, dikarenakan hingga saat ini audit keuangan Formula E tak kunjung disampaikan ke masyarakat. Bahkan, anggota dewan pun belum menerima laporan tersebut hingga kini. 

"Kan kita belum tahu sampai hari ini laporannya belum jelas gitu," katanya. 

Kendati demikian, Gembong menegaskan pihaknya tak mempersoalkan pernyataan Pj Heru yang mempersilahkan gelaran Formula E pada tahun 2023 dan 2024, selama laporan keuangannya tuntas disampaikan. 

"Ya itu kan sikapnya Pj seperti itu, ini sikap Fraksi PDI Perjuangan seperti itu loh. Jadi silahkan aja mau dilaksanakan sepanjang laporannya sudah disampaikan dulu, gitu loh," katanya. 

Lebih lanjut, Gembong mengatakan dalam waktu dekat pihak JakPro mengaku bakal mengungkapkan hasil audit keuangan gelaran Formula E tersebut. 

"Ya kalo janjinya ya secepatnya, katanya pembahasan KUA-PPAS kemarin. Tapi secepatnya kapan, kan sampe hari ini copy nya kan belum ada," ucap Gembong. 

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mempersilahkan gelaran balap mobil Formula E untuk dilanjutkan pada tahun depan sesuai perjanjian Formula E Operation (FOE). 

Pasalnya pada era Gubernur Anies Baswedan melalui Jakarta Propertindo (Jakpro) telah meneken kontrak dengan FEO untuk menggelar event Jakarta E-Prix di musim 2022 hingga 2024. Bahkan, FEO telah memberikan jatah dua hari balapan Formula E di tahun 2023.

"Silahkan saja kalo Jakpro dengan Ancol laksanakan gapapa juga silahkan," ujar Pj Heru di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu 9 November 2022. 

Heru menerangkan, gelaran balap internasional tersebut sudah disepakati secara B to B (Bussiness to Bussiness) hingga musim balapan 2024.

"Ya itu kan udah B to B kan," kata Heru menjelaskan. 

sinpo

Komentar: