Revolusi Industri 4.0, Indonesia Siap Usung Lighthouse Project di ASEAN

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 11 November 2022 | 09:12 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (SinPo.id/Kemeko Perekonomian)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (SinPo.id/Kemeko Perekonomian)

SinPo.id -  Indonesia siap mengusung sejumlah lighthouse projects sebagai wujud konkret dalam implementasi Revolusi Industri 4.0 secara inklusif di ASEAN.  Revolusi Industri 4.0 dan digital ekonomi menjadi isu penting untuk diangkat di forum negara Asia tenggara itu.

"Beberapa perusahaan multinasional di Indonesia telah ditunjuk sebagai percontohan global lighthouse di World Economic Forum (WEF)," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Jumat 11 November 2022 kemarin.

Indonesia telah mengimplementasikan kerja sama pembayaran digital Quick Response (QR) Code lintas negara sebagai tataran bilateral, sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi. "Akan terus memajukan agenda pemulihan dan integrasi ekonomi ASEAN di tengah arus transformasi digital, terutama dalam integrasi sektor keuangan,” kata Airlangga menambahkan.

Kode QR bahkan semakin berkembang dan tidak hanya digunakan sebagai metode pembayaran tetapi juga untuk pelacakan status kesehatan. Sehingga ASEAN diharapkan dapat memanfaatkan fasilitasi teknologi kode QR secara menyeluruh.

Airlangga menegaskan, Indonesia siap mendorong penyelesaian ASEAN Digital Economic Framework (DEFA), dan penuh implementasinya di tahun 2023.

“Setiap Negara Anggota ASEAN harus melakukan percepatan penyesuaian regulasi untuk dapat menyesuaikan perkembangan digitalisasi ini,” katanya.sinpo

Komentar: