Jokowi Tegaskan Tak Hanya Fokus Bangun Infrastruktur Jawa

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 26 November 2022 | 13:20 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur di era pemerintahannya tidak hanya fokus di Pulau Jawa. Ia menyebut pembangunan infrastruktur kawasan di luar Jawa beberapa tahun terakhir.
"Sekali lagi saya sampaikan pembangunan tidak Jawa sentris, tetapi pembangunan juga dilakukan di luar Pulau Jawa," kata Jokowi pada kegiatan Nusantara Bersatu yang diadakan oleh relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Menurut dia, pembangunan tidak bisa hanya dilakukan di Pulau Jawa mengingat Indonesia memiliki 38 provinsi, 514 kabupaten dan kota serta 17 ribu pulau. Pembangunan harus bisa merata agar tidak terjadi ketimpangan.

Sedanghkan pemerataan infrastruktur tidak akan bisa tercapai jika pembangunan hanya fokus kepada Pulau Jawa. Pembangunan yang merata, kata Jokowi, akan melahirkan ekonomi baru.

Dia mencontohkan pembangunan Sirkuit Moto GP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dinilai berhasil membawa perubahan ekonomi bagi masyarakat.

"Setelah adanya Sirkuit Moto GP Mandalika, sekarang Mandalika jadi titik pertumbuhan ekonomi baru," ujar Jokowi menjelaskan.

Keberhasilan pembangunan infrastruktur juga terlihat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai yang indah berhasil menjadi sumber ekonomi baru berkat adanya pembangunan infrastruktur yang memadai.

Jokowi menyebut dua contoh daerah itu bukti pemerintah tak hahya fokus membangun infrastruktur di Pulau Jawa. "Inilah yang nanti akan menjadi titik-titik perekonomian Indonesia," katanya.

 sinpo

Komentar: