DPR Nilai Penguatan UMKM Dapat Selamatkan Indonesia dari Resesi

Laporan: Sinpo
Rabu, 30 November 2022 | 15:18 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah/ Parlementaria
Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah menilai, penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menyelamatkan perekonomian Indonesia dari ancaman resesi ekonomi tahun 2023. Apalagi berdasarkan asumsi APBN 2023, Indonesia menargetkan pertumbuhan sebesar 5,3 persen.

"Insya Allah akan dapat terhindar dari resesi, Pemberdayaan Ekonomi Domestik menjadi salah satu langkah yang harus ditempuh, yakni penguatan produk lokal, Penguatan dan pemberdayaan UMKM, hingga hilirisasi industri berbasis SDA untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor,” kata Siti Mukaromah dalam keterangannya, Rabu 30 November 2022.

Politisi yang akrab disapa Erma itu menambahkan, prediksi resesi ekonomi pada tahun 2023 telah memicu perbincangan panas di dunia. Faktor-faktor yang memungkinkan resesi itu terjadi berasal dari ketidakpastian ekonomi global diantaranya dampak Perang Rusia-Ukraina, inflasi barang dan jasa, tingginya suku bunga, serta depresiasi mata uang di beberapa negara berkembang.

“Situasi demikian menimbulkan kekhawatiran pemerintah di berbagai negara belahan dunia dan memandang perekonomian global memberikan dampak negatif terhadap ekonomi domestik di negara mereka,” ucapnya.

Sejak Indonesia merdeka, sambung Erma, mengalami beberapa kali fluktuasi perekonomian. Pada tahun 1995 pernah mencapai posisi puncak pertumbuhan 8,2 persen, kemudian tahun 1998 mengalami krisis, kemudian naik lagi.

“Alhamdulillah tahun ini naik kembali dan cenderung stabil dan bagus. Alhamdulillah kita belum pernah mengalami Depresi, semoga tidak akan pernah terjadi di negara kita,” ucap politisi PKB ini.sinpo

Komentar: