Pak Bowo Dinilai Publik Mumpuni Atasi Ancaman Geopolitik, Pengamat: Wajar!

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 01 Desember 2022 | 22:27 WIB
Aher Budiantoro/Tim Media
Aher Budiantoro/Tim Media

SinPo.id -  Direktur Eksekutif Simetris Research and Consulting Aher Budiantoro menanggapi hasil survei yang dilakukan Skala Survei Indonesia (SSI) terkait tokoh nasional yang dinilai publik mumpuni dalam mengatasi ancaman keamanan Indonesia imbas suasana geopolitik dan perang antara Rusia-Ukraina.

Adapun dalam survei tersebut, nama-nama tokoh nasional yang dinilai responden bisa mengatasi ancaman keamanan tersebut di antaranya, yaitu: Prabowo Subianto sebanyak 39,1 persen; Jokowi 29,3 persen dan Anies Baswedan 6,8 persen.

“Pak Prabowo dipersepsikan memiliki kompetensi dalam mengatasi ancaman global sebesar 39 persen, mengungguli Presiden Jokowi yang berada di kisaran 29 persen," kata Aher dalam keterangannya, Kamis, 1 Desember 2022.

Aher menjelaskan ada sejumlah faktor yang membuat Prabowo jadi pilihan paling teratas bagi publik.

"Latar belakang militer, yang secara ketokohan identik dengan ketegasan, ditambah jabatan beliau sebagai Menteri Pertahanan yang menyelenggarakan fungsi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertahanan," kata dia.

Jika pada akhirnya publik lebih memilih Prabowo untuk memimpin Indonesia, Aher menilai hal itu wajar, karena Ketua Umun Gerindra itu punya segudang pengalaman mulai dari militer hingga ekonomi dan politik global.

"Menjadi wajar jika Pak Prabowo dinilai masyarakat sebagai tokoh yang diproyeksikan mampu melanjutkan kepemimpinan nasional untuk mengatasi masalah ancaman keamanan Indonesia akibat perang antara Rusia-Ukraina,” sambungnya.sinpo

Komentar: