Dualisme Info Cuaca, PKS: BRIN Sebaiknya Fokus pada Tupoksi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 30 Desember 2022 | 10:17 WIB
Gedung BRIN/ Dok. BRIN
Gedung BRIN/ Dok. BRIN

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta semua pihak di pemerintahan, khususnya BRIN dan BMKG fokus pada tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Tak mencampuri tugas lembaga lain penting untuk menghindari kepanikan massal akibat penyebaran info yang tidak akurat.

"Termasuk BRIN sebaiknya jangan mencampuri kewenangan BMKG yang memiliki tugas mengamati, menganalisis dan menginformasikan keadaan cuaca di Indonesia. Sebab kalau setiap lembaga bekerja secara acak akan membingungkan masyarakat," kata Mulyanto melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022.

Mulyanto menyesalkan kejadian miskomunikasi antara BRIN dan BMKG terkait info perkiraan adanya badai besar melanda Jabodetabek pada Rabu, 28 Desember 2022. Peristiwa ini seharusnya tidak perlu terjadi kalau masing-masing pihak disiplin pada tugasnya masing-masing.

Miskomunikasi itu, kata Mulyanto, harus jadi bahan evaluasi bagi BRIN dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Dia menilai BRIN tidak memiliki kewenangan mengumumkan hasil penelitian kebencanaan ke publik secara luas.

"Apalagi ternyata diketahui, bahwa statemen tersebut dibuat oleh pribadi peneliti BRIN. Ini makin ngawur," ujar Mulyanto.

Politikus PKS itu meminta Kepala BRIN mendisiplinkan para penelitinya agar tidak terjadi hal serupa di masa depan. Sebagai badan riset, BRIN seharusnya bisa membuat alur koordinasi dan komunikasi yang baik. 

"Ini sudah kasus yang kedua. Sebelumnya terkait dengan prediksi tsunami di Banten. Koordinasi dan sinergi menjadi penting dari lembaga riset dan penelitinya kepada lembaga yang berwenang menyampaikan ke publik seperti BMKG. Sehingga tidak muncul dualisme," tegasnya. 

 sinpo

Komentar: